Bali Tribune, Sabtu 23 Juni 2018
Diposting : 12 July 2016 12:46
Arta Jingga - Bali Tribune
pajak
Keterangan Gambar: 
DISERBU - Kantor Samsat Tabanan pada Senin (11/7) diserbu wajib pajak uang hendak membayar pajak kendaraan bermotor.

Tabanan, Bali Tribune

Pasca libur Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama, Kantor Samsat Tabanan pada Senin (11/7) dibanjiri masyarakat yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor. Panjangnya antrean mencapai 600 lebih sehingga beberapa wajib pajak harus berdiri karena tidak kebagian tempat duduk.

Kepala Seksi PKB dan BBNKB Kantor Samsat Tabanan, I Made Suarka, menyampaikan jika peningkatan wajib pajak yang melakukan transaksi terjadi akibat adanya libur panjang serta kesadaran masyarakat yang terus meningkat setelah diberlakukannya pembebasan sanksi denda pajak atau pemutihan.

“Di samping karena adanya libur panjang, para wajib pajak juga semakin sadar untuk membayar pajak kendaraan setelah diberlakukanya pemutihan tersebut,” ungkapnya. Ditambahkan dengan situasi tersebut, terjadi peningkatan transaksi sebesar 20 persen dari hari biasanya.

“Untuk hari ini (Senin, 11/7, red) ada 1.285 wajib pajak yang melakukan transaksi baik transaksi pajak kendaraan bermotor ataupun balik nama kendaraan bermotor. Dan kita maksimalkan pelayanan hingga pukul 16.00 Wita,” paparnya.

Salah satu wajib pajak, Roberto (34), mengaku sudah menunggu sekitar dua jam Karena tak kebagiaan tempat duduk, ia terpaksa duduk di tangga menuju lantai tiga. “Saya dapat antrian nomor 456, sudah dua jam menunggu. Karena kebetulan saya libur kerja ya jadi tunggu saja,” ungkapnya.

Sedangkan, Ari Puspita (30), asal Penebel menyarankan agar pelayanan kasir bisa ditambah saat ramai, sehingga wajib pajak tidak menunggu terlalu lama. “Transaksinya cepat karena antrean membludak ya jadi lama. Saran saya kalau bisa ditambahkan kasir lagi agar lebih cepat,” tandasnya.