Diposting : 17 May 2018 21:15
redaksi - Bali Tribune
surat suara
Keterangan Gambar: 
MELIPAT - Tanpak seorang ibu rumah tangga sedang melipat surat suara.
BALI TRIBUNE - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar  merekrut para Ibu Rumah Tangga (IRT) dan siswa yang sedang liburan sekolah untuk melipat surat suara pemilihan nupati dan wakil Bupati Gianyar. Sedangkan untuk surat suara pasangan calon Gubernur  dan wakil Gubernur Bali, diperkirakan akan segera menyusul dalam hitungan hari.
 
Divisi Logistik KPU Gianyar, Ngakan Nyoman Oka Sudaryana menjelaskan, Ibu rumah tangga  dan siswa yang direkrut merupakan tenaga pelipat surat suara pada pilkada serentak 2018. Pihaknya  hanya merekrut tenaga pelipat suara, karena tidak banyak memberikan pelatihan. “Rata-rata mereka sudah terlatih untuk melipat surat suara," tuturnya.
 
Dikatakan, jumlah surat suara pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Gianyar yang datang dan  langusng dilipat sebanyak 372.534 lembar ditambah 2.000 lembar surat suara untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU).  Pihaknya pun hany melibatkan 35 orang untuk melipat dan menyortir surat suara yang jumlahnya 374.534 lembar untuk Pilkada Gianyar dan selanjutnya surat suara dengn jumlah yang sama untuk Pilgub Bali. "Sebagian besar warga yang kami rekrut adalah dari kaum perempuan, karena lebih teliti dan telaten," kata Sudaryana.
 
Lanjutnya, mereka hanya bertugas untuk melipat surat suara, sekaligus menyortir surat suara yang rusak, untuk dikumpulkan.
 
Tenaga sortir tersebut juga lakukan berulang, untuk memudahkan pengawasan agar tidak terjadi surat suara yang hilang, serta menyesuaikan dengan minimnya tempat untuk melipat.
 
Sedangkan surat suara untuk Pilgub Bali, dengan jumlah yang sama belum didistribusikan ke KPU Gianyar. Distribusi surat suara untuk Pilgub Bali dilaksanakan KPU Bali. “Kemungkinan surat suara untuk Pilgub Bali dikirim setelah surat suara pemilihan bupati terlipat, jadi sebelum Hari Raya Galungan semua sudah terlipat,” terang Ngakan Sudaryana.
 
Salah satu warga yang ikut melipat surat suara, Ketut Arga Swandari asal Desa Sidan mengaku melakukan pelipatana sejak pukul 09.00 Wita. Siswa kelas II SMK I Gianyar ini bersama teman sekolahnya ikut melakukan pelipatan surat suara, untuk mengisi hari libur sekolah dan mencari uang saku tambahan. Diakuinya, melakukan pelipatan surat suara dengan ukuran kertas A5 tersebut tidak begitu sulit, namun mesti hati-hati dan melaporkan kalau ada surat suara yang rusak.
 
Sementara itu, kotak suara baik untuk Pilgub dan Pilkada dipastikan sudah siap. Kotak suara yang disiapkan sebanyak 1.544, yang mana 772 untuk Pilgub dan 772 lagi untuk Pilkada Gianyar yang saat ini disimpan di Balai Budaya Gianyar. Selain 1.544 kotak suara tersebut, KPUD Gianyar juga menyiapkan 16 kotak suara untuk di rumah sakit yang ada di Gianyar dana 1 kotak suara untuk pelaksanaan pencoblosan di Rutan Gianyar.