Diposting : 2 July 2018 22:40
I Made Darna - Bali Tribune
Putu Oka Swadiana
Keterangan Gambar: 
Putu Oka Swadiana
BALI TRIBUNE - PEMERINTAH Kabupaten Badung  menggelar lomba mancing tradisional air deras di aliran cabang Sungai Ayung Banjar Bucu, Desa Darmasaba, Minggu, (1/7). Pembukaan lomba mancing tradional air deras ini ditandai dengan penebaran ikan lele oleh Kadis Perikanan Kabupaten Badung Putu Oka Swadiana bersama Ketua Pemuda Peduli Lingkungan Desa  Darmasaba  Nyoman Sukendra.
 
Oka Swadiana menyampaikan apresiasi kepada seluruh tokoh masyarakat dan peserta lomba mancing yang sudah meramaikan kegiatan mancing air deras. “Kegiatan mancing ini secara tidak langsung ikut menjaga kebersihan saluran irigasi subak yang ada. Dan hal ini juga merupakan wujud nyata masyarakat ikut menjaga sungai sebagai tempat suci serta sebagai sumber kehidupan masyarakat luas,” ungkapnya.
 
Dikatakan potensi sumber daya perikanan di Badung selain di wilayah laut juga mencakup wilayah darat. Wilayah darat ini  berupa sektor perikanan dengan komoditi berupa ikan lele,  gurami,  karper,  nila,  mujair. “Perikanan darat ini merupakan pangsa pasar yang tidak bisa kita abaikan bisa kita lihat menjamurnya kuliner dengan bahan lele, gurami, mujair,” jelas Oka Swadiana.
 
Selain itu pemanfaatan perikanan ini juga dapat disinergikan dengan mengembangkan pariwisata rekreasi dan wisata air yang ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. “Sektor perikanan ini juga bisa bersinergi dengan pariwisata,” tukas pejabat asal Kerobokan ini.