Diposting : 24 August 2017 17:04
Made Ari Wirasdipta - Bali Tribune
Lukisan
Keterangan Gambar: 
Lukisan binatang mulai laris di Kuta

BALI TRIBUNE -  Lukisan binatang peliharaan banyak diminanti oleh negara Australia dan Jepang. Harinata(44) seorang pelukis beraliran ekspresionies, dalam sehari ia harus membuat 4 lukisan binatang peliharaan, seperti anjing, kucing, dan lainnya.

Harinata pelukis asal Desa Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur ini mengatakan bahwa dalam satu bulan sekitar 100 atau 40 lukisan harus dikirim ke Australia dan Jepang. Menurutnya banyak warga di Australia itu mengirim foto binatang peliharaannya untuk dilukis.

" Untuk saat ini yang paling banyak diminati Australia lukisan binatang, seperti anjing peliharaannya. Untuk gambar saya tidak mengambil dari Google. Ada kawan saya disana, yang mengirim foto-foto anjing peliharaan kesayangannya untuk dilukis dan dalam 1 bulan sekitar 100 lukisan yang saya kirim," ucapnya di Studionya, Jalan Banesari, Poppies Line 2. Kuta. Badung Bali. Rabu(23/8).

Akunya selama 3 tahun ini terus mendapat orderan melukis binatang dari Australia, hampir 80 persen semuanya orderan lukisan binatang. Biasanya untuk pesanan lukisan normalnya berukuran 80x 60. Untuk bahan lukisan Harinata mengaku semua media lukisan dia pakai untuk membuat hidup lukisan hewan itu.

" Kendala yang paling berat, dalam melukis hewan ini, adalah membuatnya seperti hidup. Karena kadang gambar itu harus semirip mungkin dengan foto yang dikirim. Apalagi tau sendiri orang bule itu sangat sayang pada hewan peliharaannya," imbuh pria dua anak ini.

Harinata juga menyampaikan, bahwa untuk kisaran harga tergantung ukuran dan rumit  tidaknya hewan yang dilukis," Normalnya orderan lukisan binatang, itu 80x60. Saya jual perlukisan itu sampai Rp 1,5 juta dan Rp 2 juta, tapi kalau lebih besar dan rumit harganya diatas itu," pungkasnya.