Diposting : 12 January 2019 22:17
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
DAUN GEGAGAN - Salad sayur dengan saos daun pegagan yang disediakan oleh salah satu restoran di Ubud, Gianyar
BALI TRIBUNE - Masyarakat di negara maju sejak dulu telah terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Bahkan kebiasaan ini pun dibawa setiap melakukan perjalanan wisata ke destinasi manapun. Sehingga tidak jarang akomodasi dan restoran yang ada di Bali menyediakan jenis menu makanan sehat. 
 
Menu makanan yang dimaksud salah satunya adalah salad sayur. Makanan tersebut kini menjadi pilihan konsumsi bagi sebagian masyarakat untuk mendukung gaya hidup sehat. Makanan sehat ini pun memiliki nilai yang lebih saat dipadukan dengan saos daun pegagan (daun piduh) yang memiliki kasiat luar biasa terhadap kesehatan tubuh.
 
Salah satu chef restoran yang menyajikan salad sayur dengan saos daun pegagan, 
 
Dewa Made Tirta saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan bahwa daun pegagan memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh manusia, terutama pengobatan dalam. Seperti halnya membantu pengobatan infeksi dalam tubuh, menormalkan aliran darah dan lainnya. Masyarakat Bali juga biasanya memakai daun ini sebagai obat luka luar.
 
Untuk itu daun pegagan tersebut diolah sebagai menu makanan sehat yang disukai wisatawan. "Kemudian terciptalah kreasi saos daun pegagan yang dapat dinikmati dengan salad sayur. Makanan ini pun mendapat respon positif dari masyarakat," terangnya.
 
Saos ini mampu memberikan rasa yang berbeda dari penyajian salad sayur ala barat yang biasa dipadukan dengan mayonnaise. Dikatakan Tirta, 90 persen jenis tumbuhan bisa dijadikan makanan yang nikmat, tergantung dari cara pengolahan untuk kenikmatan sajian.
 
Cara pembuatannya yaitu, daun pegagan yang baru dipetik tanpa tangkai dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya diiris tipis-tipis untuk memudahkan saat diblender. Daun yang sudah diiris kemudian diblender bersama bawang putih cincang, air lemon serta tambahan merica. 
Menurutnya, perpaduan daun pegagan, lemon dan bawang putih ini yang memberikan kesegaran dari saos tersebut. "Takaran bahannya harus sesuai agar rasa daun pegagannya yang lebih menonjol," ucap Tirta.