Diposting : 3 May 2019 23:13
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ Latihan fisik salah satu persiapan KONI Gianyar untuk mematangkan atlet yang berlaga di Porprov Bali 2019.
balitribune.co.id | Gianyar - Menghadapi Porprov Bali XIV/2019 yang akan digelar di Kabupaten Tabanan, September mendatang, atlet Gianyar yang akan berlaga di ajang tersebut digenjot latihan fisik. Latihan diikuti 825 orang terdiri atas ofisial, manajer, pelatih dan atlet. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran kondisi fisik atlet.
 
Ketua KONI Gianyar, Pande Made Purwatha menjelaskan, latihan fisik dilaksanakan untuk mengetahui kondisi fisik para atlet, sehingga nanti sudah siap ketika berlaga di Porprov.
 
“Fisik atlet sangat menentukan prestasi yang akan didapatkan dalam Porprov mendatang. Kontingen terdiri atas ofisial, manajer, pelatih dan atlet dengan jumlah 825 orang,” jelas Pande Purwatha.
 
Dikatakannya, tahapan pertama menggelar workshop pelatih beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk pelatihan yang kedua akan lakukan pada Juni mendatang.
 
Dalam  latihan, semuanya dievaluasi. Hal ini sangat berguna pada altet dan sebagai gambaran kondisi fisiknya saat ini. Ketika diketahui fisiknya saat ini kurang, maka untuk meningkatkan kekurangan itu bisa dimantapkan dengan latihan.  Selain itu juga dilatih dengan memberikan pola dan cara melalui keilmuan.
 
“Ketika altet kondisi fisiknya tidak bagus saat pertandingan maka tidak akan maksimal hasilnya. Kegiatan program pertama pada pelatihan ini adalah dari tes fisik,” tegasnya.
 
Ke depannya nanti akan dilakukan evaluasi kondisi atlet dari masing-masing cabang olahraga. Ketika ada cabor yang masih lemah, dikatakannya latihan akan digenjot.
 
Purwatha menyebut, setiap pimpinan cabor bertanggung jawab terhadap kondisi dan kemajuan atletnya. Bahkan harus melihat ke depan bukan malah melihat dari belakang meja, atau berangan-angan demi melihat hasilnya. “Kami berharap semua cabor menunjukkan keseriusan, dan tidak melihat hasilnya di belakang meja,” terang Purwatha.
 
Atlet yang mengikuti latihan fisik, Pande Made Irondikajaya mengaku telah mempersiapkan fisiknya untuk menghadapi Porprov tahun ini. “Beberapa latihan juga sudah dilakukan mulai dari tes fisik, tes kesehatan, kecepatan, kelincahan, kesimbangan, kelenturan,  dan kekuatan bagian dada,” tandasnya.
 
Pria yang selaku altet renang ini juga mengaku tidak khawatir dengan lawannya nanti saat Porprov. Dikatakannya, dirinya bersama tim selalu kompak dan sudah mengukur kekuatan lawan.uni