Diposting : 20 July 2016 12:11
Ketut Sugiana - Bali Tribune
bupati
Keterangan Gambar: 
DIALOG - Bupati Nyoman Suwirta saat diundang dialog interaktif di media TV swasta.

Semarapura, Bali Tribune

Dalam upaya  mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Klungkung, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta melakukan dialog interaktif di salah satu Media TV Swasta di Bali dengan Tema Membangun Potensi Segitiga Emas di Kabupaten Klungkung, Selasa (19/7). Hadir juga dalam acara tersebut Prof. Gede Sri Darma selaku pengamat Ekonomi.

Bupati Klungkung dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa membangun Kabupaten  Klungkung memerlukan proses dan dukungan dari masyarakat, anggaran juga sangat mempengaruhi proses pembangunan, namun dengan semangat serta kerja keras bersama, semuanya bisa terwujud.

Dalam membangun Klungkung  juga diperlukan infrastruktur darat maupun Laut yang memadai, di samping itu juga untuk mempermudah akses keluar masuk, Bupati Suwirta akan mengupayakan pembangunan Segi Tiga Emas yang dimaksud di antaranya: pembangunan Pelabuhan Speed Boat di Klungkung yang terletak di Pelabuhan Pesinggahan, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dan pelabuhan Bias Munjul di Pulau Ceningan Nusa Penida. Dengan adanya tiga Pelabuhan tersebut bisa memperlancar transportasi laut untuk di tiga pulau yang dilengkapi fasilitas yang nyaman dan memadai yang bisa digunakan  bersama-sama oleh para pengelola Speed Boat.

Dalam Sesi Dialog interaktif ada beberapa penanya, salah satunya Pak Ketut dari Nusa Penida, menyarankan jika dimungkinkan di Nusa Penida agar dibuatkan Lapangan Udara. Penanya berikutnya Pak Made dari Banjar Pande Semarapura terkait  pengelolaan pasar Seni di Pasar Semarapura agar semua perajin yang ada di Kabupaten Klungkung bisa menempati  kios  untuk menjual hasil Kerajinanya dan sambil mempraktekan cara pembuatannya.

Menjawab pertanyaan itu Bupati Suwitra mengatakan itu semua bisa saja terjadi asalkan kita mau serius untuk menggarapnya dan tentunya didukung masyarakat Klungkung. Bupati Suwirta juga mengatakan walaupun banyak usul ataupun saran yang disampaikan saat ini, tentunya akan ditampung dan nantinya akan dipelajari dan jadikan skala prioritas. Untuk mewujudkan hal itu guna mengintegrasikan semua potensi yang ada di Kabupaten Klungkung, Pasar Seni Semarapura akan dikemas untuk mengutamakan kenyamanan bagi para pengunjung maupun para pedagang dengan gaya moderen yang isinya produk UKM yang terdapat di Klungkung.

Prof. Gede Sri Darma yang juga asal Klungkung mengatakan bahwa untuk membangun Klungkung Bupati tidak bisa bekerja sendiri, ini perlu kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, dengan demikian apa yang menjadi harapan kita bersama bisa terwujud. Khusus untuk di Nusa Penida dia juga memberikan masukan kepada Bupati Suwirta. “Di daerah Nusa Penida sangat diperlukan adanya jaringan telekomunikasi yang sangat besar dan kuat, sehingga informasi dan komunikasi bisa berjalan lancar, karena ini merupakan salah satu pendukung pembangunan Kabupaten Klungkung,” jelasnya.