Bali Tribune, Sabtu 26 Mei 2018
Diposting : 12 December 2017 20:07
Djoko Moeljono - Bali Tribune
DONOR DARAH
Keterangan Gambar: 
DONOR DARAH – Usai membuka kegiatan donor darah, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono (kedua dari kiri) mengajak foto bersama dr Nyoman Winaya (kiri), Pandu Djojoadisoeprapto (ujung kanan) dan peserta khitanan, Senin (11/12).

BALI TRIBUNE - DONOR darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan darah, karena sebagai pendonorpun akan mendapatkan manfaat besar, terutama ketika rutin mendonorkan darah, maka akan banyak manfaat yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sehingga, diyakini tubuh akan tetap sehat dan bugar serta dapat bekerja secara efisien.

Berkenaan dengan manfaat itu, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017, Kodam IX/Udayana dibawah komando Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, SIP., MSc., menggelar kegiatan donor darah bekerja sama dengan pihak manajemen Discovery Kartika Plaza Hotel (DKPH) dan menggandeng PMI Provinsi Bali, di hotel bintang lima tersebut, Senin (11/12)

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 500 peserta yang merupakan perwakilan dari ketiga matra TNI dan ASN di lingkungan Kodam IX/Udayana se-Garnizun Denpasar, para pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana, serta FKPP. Seluruh kantong darah yang terkumpul langsung disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Provinsi Bali, dengan harapan semoga sumbasih berupa rayusan kantong darah ini dapat membantu dan meringankan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono menyampaikan, kegiatan donor darah yang dirangkai dengan khitanan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017. Tujuannya, untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Dengan menyumbangkan darah, berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain. Mengingat, setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa orang lain,” katanya. 

Selain memiliki misi sosial kemanusiaan, kegiatan donor darah ini bila ditinjau dari segi kesehatan juga memiliki manfaat sangat positif bagi para pendonor itu sendiri, yaitu meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan dapat mendeteksi secara dini jika tengah mengindap penyakit serius.

Turut hadir pada acara tersebut, antara lain para pejabat teras Kodam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh I Gede Widiyana, SH., Jacques Clarijs (GM DKPH), Pandu Djojoadisoeprapto (EAM DKPH), dan dr Nyoman Winaya (Tim Ahli Kesehatan PMI),