Diposting : 11 August 2017 21:40
redaksi - Bali Tribune
I Ketut Jata
Keterangan Gambar: 
I Ketut Jata

BALI TRIBUNE - Sebagai kader senior Partai Demokrat, I Ketut Jata akhirnya harus memenuhi aspirassi partai dan pendukungnya untuk berebut posisi calon wakil bupati Gianyar (G-2) di Koalisi Gianyar Bangkit ( KGB). Jumat (11/8) hari ini, Wakil Ketua DPRD Gianyar ini dijadwalkan akan melaksanakan pendaftaran, didampingi pengurus partai dan pendukungnya dengan iringan Baleganjur.

Ketut Jata mengakui, jika akan mendaftar ke KGB sebagai bakal calon (balon) Wabup Gianyar. “Saya putuskan pendaftaran, karena memang perintah partai dan dukungan pendukung. Sebagai kader partai, saya tidak bisa memaksakan kehendak. Amanat partai mewajibkan saya untuk mengikuti seleksi dan berebut rekomendasi di KGB,” katanya, Kamis (10/8).

Awalnya, Jata enggan ambil bagian dalam penjaraingan calon bupati dan wabup. Sebab, dirinya hanya ingin menjadi sosok pembantu cabup-cawabup dari KGB untuk memenangkan Pilkada. Namun, Partai Demokrat pun mempunyai cara pandang beda. “Setelah masa jabatan di DPRD Gianyar habis, rencananya saya berjuang dan mengabdi di DPRD Bali. Tidak sedikitpun ada keinginan untuk maju Pilkada,” ujarnya.

Memang, selain menjabat Wakil Ketua DPRD Gianyar dua periode, Jata juga berpengaruh signifikan dalam memenangkan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace dalam Pilkada Gianyar. Dan, berperan penting dalam kemenangan Anak Agung Bharata–Made Agung Mahayastra (Bagus). Mungkin atas dasar itu pula, Partai Demokrat selalu mendesaknya untuk maju, hingga Jata akhirnya tidak bisa mengelak. “Untuk menghormati partai, saya putuskan mendaftar,” terangnya.

Selain mendapat desakan dari partainya, politikus asal Keramas ini juga mendapat dukungan dari masyarakat, hal ini pula yang menyakinkannya untuk mantap maju mendaftar ke KGB. Jika nanti pihaknya tidak mendapat rekomendasi dari KGB, pihaknya berharap pendukungnya tidak kecewa dan tetap mengikuti langkahnya untuk memenangkan KGB. “Saya tetap berjuang. Kalaupun nanatinya saya tidak lolos, Gianyar harus tetap bangkit dari tidurnya,” tegas Jata.

Sementara sejumlah pendukungnya sudah mempersiapkan acara pedaftarannya Jumat pagi ini. Jata sendiri tampak sibuk mempersiapkan kedatangan pedukungnya yang akan menurunkan Sekaa Baleganjur untuk mengiringinya mendaftar ke kantor Gerindra yang dijadikan sekretariat KGB. “Saya berencana mendaftar tanpa mencolok. Jika teman-teman mempersiapkan sesuatu yang khusus, tentu saya harus apresiasi itu,” katanya.