Bali Tribune, Rabu 25 April 2018
Diposting : 10 October 2016 13:28
Hendrik b Kleden - Bali Tribune
merawat mobil
Keterangan Gambar: 
Bali Tribune

Denpasar,Bali Tribune

Karena fungsinya yang penting, spion kendaraan harus dirawat dengan baik, apalagi di musim hujan, kondisi kaca spion akan semakin cepat buram terkena air hujan.

Berikut cara merawat spion kendaraan saat musim hujan.

Menghilangkan lumpur

Hujan akan membuat banyak lumpur di jalan. Cipratan lumpur bisa mengenai mengenai kaca spion meski sangat jarang.

Jika spion kendaraan anda terkena lumpur, jangan dibiarkan sampai kering. Jika terlanjur mengering karena lupa tidak dibersihkan akan semakin sulit.

Untuk menghilangkan lumpur yang terlanjur mengering, lakukan cara khusus selain menggosok. Cukup dengan mencipratkan air sabun ke spion yang terkena. Didiamkan beberapa saat,  kemudian gosok perlahan bagian sampai lumpur terlepas dan bersih.

Membersihkan karat spion

Air hujan bisa menyebabkan karat pada motor gerak spion. Karat menjadikan spion sulit digerakkan dan diatur. 

Cara membersihkan karat adalah dengan melepas spion (elektrik mobil), lalu bersihkan rongga gerak spion dengan menggunakan kuas kecil. Jika masih sulit bisa di amplas dengan menggosoknya secara perlahan. Jika sudah dirasa bersih, pasang kembali spion. 

Menghilangkan bercak air 

Bercak air memang sering muncul pada kaca spion, kendaraan terkena hujan. Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan yakni dengan campuran vinegar dan air, ukurannya perbandingan 2:1.  Sebab Vinegar merupakan zat asam yang aman untuk kaca spion.