Bali Tribune, Rabu 13 Desember 2017
Diposting : 23 August 2017 20:24
I Made Darna - Bali Tribune
Satpol PP
Keterangan Gambar: 
Tim gabungan Satpol PP Bali dan Badung saat sidak KTR di RSUD Mangusada Badung, Selasa (22/8).

BALI TRIBUNE - Empat orang penunggu pasien di RSUD Mangusada Badung ketiban sial, Selasa (22/8) kemarin . Apa sebab? Pasalnya, keempat pria tersebut harus berurusan dengan tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bali dan Badung.

Keempat orang tersebut tertangkap basah sedang merokok dalam areal rumah sakit yang masuk kawasan tanpa rokok alias KTR. Dua orang diantaranya langsung digiring untuk mengikuti sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di PN Denpasar pada 30 Agustus mendatang. Sedangkan dua orang lagi hanya diberikan pembinaan. Dua pria asal Jembrana dan Singaraja itu 'diampuni" melanggar KTR lantaran sedang menunggu pemulangan jenazah anggota keluarganya di depan  ruang jenazah RSUD Mangusada.

Kasatpol PP Badung, IGAK Surya Negara yang dikonfirmasi terpisah menjelaskan, sidak KTR ini dipelopori oleh Satpol PP Bali. Pihaknya sendiri hanya mendampingi untuk menertibkan perokok-perokok ‘nakal’ di kawasan RSUD Mangusada dan Puskesmas Mengwi I.

"Ada dua lokasi sebenarnya yang disidak. Yakni RSUD Mangusada dan Puskesmas Mengwi I. Tapi, pelanggar cuma kita temukan di RSUD Mangusada," ujarnya.

Berdasarkan penelusuran tim gabungan di kawasan RSUD Mangusada, ada empat orang penunggu pasien yang digaruk secara terpisah. Keempat ini kedapatan sedang asyik mengisap rokok. Dua orang langsung dibuatkan berita acara pelanggaran KTR dan dua orang lagi hanya diberikan pembinaan. "Empat orang kita amankan, tapi cuma dua orang kita buatkan berita acara untuk pengadilan. Dua orang ini kita minta sidang Tipiring tanggal 30 Agustus ini," kata Surya Negara.

Sementara dua orang perokok lainnya langsung dibebaskan karena sedang berduka. "Dua orang kita beri pembinaan, karena dia sedang menunggu saudaranya yang meninggal," katanya.

Bagaimana dengan Puskesmas Mengwi I ? Untuk Puskesmas yang berada di sebelah barat Mapolres Badung itu, kata Surya Negara nihil temuan. "Kalau di Puskesmas nihil. Mungkin karena kita sudah sering berikan pembinaan, sehingga tidak ada yang berani merokok," tukasnya.