Diposting : 26 May 2018 20:42
Redaksi - Bali Tribune
Pilgub
SURAT SUARA - Ratusan ribu surat suara Pilgub Bali sudah sampai di kantor KPUD Gianyar dan baaru mulai hari Jumat dilaksanakan pelipatan.
BALI TRIBUNE - Target KPUD Gianyar untuk menyelesaikan pelipatan semua surat suara pilkada Seretak 2018,  sebelum perayaan Galungan berjalaan lancar. Menyusul kedatangan  Pilgub Bali 2018, sebanyak 372.574 buah yang dikemas dalam 187 kardus, yang pelipatannya dimulai Jumat  (25/5) kemarin. Semenntara 374.532 surat suara Pilkada Gianyar 2018, sudah kelar beberapa hari sebelumnya.
 
Ketua KPUD Gianyar, Anak Agung Gde Putra menyebutkan, ratusan ribu surat suara Pilgub Bali sudah sampai di kantor KPUD Gianyar dan baaru mulai hari Jumat dilaksankan pelipatan. Sesui target  pelipatan surat suara dipastikan selesai sebelum Hari Raya Galungan. “Pelipatan baru kita mulai hari ini,  dari pelipatan sebelumnya, hari  Minggu  kami pastikan sudah selesai. Karena mulai hari Senin konsentrasi petugas sudah fokus  menyiapkan perayaan Hari Raya Galungan,” terangnya.
 
Sebagimana saat pelipatan Surat Suara Pilkada Gianyar, pihaknya kembali meminta bantuan tenaga pendukung sebanyak 35 orang. Namun jika tidak mencukupi, pihaknya pun akan meminta bantuan masyarakat umum. Dalam hal ini, pihaknya akan melakukan pelipatan dengan sangat ketat, yang melibatkan unsur Polri dan Panwaslu.  
 
Setiap tenaga pelipat, sebelum melakukan pekerjaan akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan. Serta dilakukan pengecekan saat pengambilan, serta akan dilakukan sortir suaya tidak ada oknum tak bertanggung jawab, yang bisa memanfaatkan surat suara ini untuk memenangkan salah satu paslon. “Setiap pelipatan diawasi secara ketat baik dari KPU, oleh kepolisian juga Panwas, tentunya dengan memeriksa barang bawaan saat masuk KPU dan saat pulang. Serta mengawasi saat mengambil kardus yang berisikan surat suara,” ujarnya.
 
Lanjutnya,  sejak pelipatan surat suara Pilkada Gianyar, pihaknya tidak menemukan adanya indikasi oknumun yang melakukan pencurian surat suara. Pihaknya memastikan, dalam pelipatan surat suara Pilgub ini pun, tidak terjadi perbuatan melanggar hukum seperti itu. “ Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana,” pungkasnya.