Diposting : 18 July 2017 18:37
Ketut Sugiana - Bali Tribune
MPLS
Keterangan Gambar: 
MPLS - Saat acara pembukaan MPLS SMA Pariwisata Saraswati, Klungkung.

BALI TRIBUNE - Awal tahun ajaran 2017/2018 ini jumlah pelamar di SMA Pariwisata Saratswati Klungkung 612 orang, namun dengan keterbatasan lokal yang diterima hanya sekitar 380 siswa terdiri dari 201 orang siswa pria dan 179 siswa perempuan.

Kepala Sekolah SMA Pariwisata Saraswati Klungkung Drs Gusti Made Subrata Mag menyebutkan antusias masyarakat untuk memasukkan anaknya di sekolah ini sangat luar biasa. Rupanya kredibilitas SMA Pariwisata Saraswati ini  tampaknya kian tahun menunjukkan kreatifitas dan membuktikan kualitasnya. Terbukti banyak tamatan sekolah ini mampu mencetak  tokoh-tokoh Klungkung yang berkiprah di berbagai tempat di Bali maupun Nasional.

Kegiatan tahun ajaran ini diawali dengan pelaksanaan Pra MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sejak Senin (10/7) s/d (12/7) dengan materi pendidikan disiplin dan karakter yang dikemas dalam materi PBB yang diberikan oleh Polres Klungkung maupun Kodim 1610 Klungkung. Sedangkan MPLS secara resmi dilaksanakan sejak Kamis (13/7) di aula sekolah dan penutupan Sabtu (15/7) dengan kegiatan bersih-bersih di Pura Goa Lawah.

Gusti Subrata dalam penjelasannya, Senin (17/7), menyatakan bahwa masa pelaksanaan MPLS kali ini menekankan kepada siswa baru untuk lebih mengenal lingkungan sekolah mereka, siswa memiliki hak dan kewajibannya selaku siswa SMA Par Sareaswati Klungkung ini untuk mampu bertanggung jawab akan jati dirinya sebagai siswa.

“Dengan pelaksanaan MPLS ini kita berharap siswa setelah mengenal lingkungan sekolah juga mampu beradaptasi sehingga siswa memiliki niat baik bangga sebagai siswa dengan menjaga nama baik sekolah serta memberikan kontribusi positif secara internal maupun ekternal serta mananamkan nilai nilai pendidikan karakter bagi dirinya,” pungkasnya.

Kepala UPT Disdikprop Bali di Klungkung, Nyoman Ratmaja, menyebutkan bahwa bukti sekolah swasta bisa bersaing dengan sekolah negeri disebabkan oleh kualitas pendidikan dan mutu pendidikan yang ada di SMP Pariwisata Saraswati Klungkung ini mampu menjawab tantangan dunia kerja ,sehingga masyarakat menilai positif keberadaan SMA Pariwisata Saraswati ini.