Bali Tribune, Senin 28 Mei 2018
Diposting : 8 June 2017 19:19
San Edison - Bali Tribune
IB Oka Gunastawa
Keterangan Gambar: 
IB Oka Gunastawa

BALI TRIBUNE - Partai NasDem sudah jauh-jauh hari telah merekomendasikan Ida Bagus Rai D Mantra, sebagai calon gubernur (Cagub) Bali. Partai besutan Surya Paloh itu menerapkan politik tanpa mahar dan tanpa syarat kepada Walikota Denpasar ini untuk bertarung pada Pilgub Bali 2018 mendatang.

Guna memastikan pengusungan Rai Mantra ini, Partai NasDem terus melakukan komunikasi politik dengan partai politik lainnya di Bali. Maklum, Partai NasDem hanya memiliki modal 2 kursi di DPRD Provinsi Bali. Sementara syarat pengusungan pasangan calon oleh parpol maupun gabungan parpol, minimal memiliki 11 kursi di DPRD Provinsi Bali.

“Kalau soal komunikasi dengan partai lain, sudah kita lakukan. Tetapi kita tidak bisa memaksakan irama, karena mekanisme di masing-masing partai berbeda-beda,” ujar Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, di Denpasar, Rabu (7/6).

Beberapa partai yang diajak komunikasi di antaranya adalah Partai Gerindra, PKPI, Partai Demokrat dan PAN. Hanya saja, keempat partai ini masih melakukan mekanisme survei di internal partai masing-masing. Padahal di sisi lain, Partai NasDem menghendaki gerak cepat, sehingga punya waktu yang cukup bagi calon untuk terjun ke masyarakat.

Melihat gelagat partai politik lain yang sedikit pelan ini, Partai NasDem sudah menyiapkan opsi lain bagi Rai Mantra. Bagi Partai NasDem, jika jalur partai politik cukup sulit untuk Rai Mantra, maka opsi lain adalah maju melalui jalur independen.

“Andai kata tidak ada pergerakan apapun dalam komunikasi politik dengan partai lain, maka kami akan siapkan ‘sekoci’ bagi Pak Rai Mantra,” tandas politisi muda asal Karangasem itu.

Saat ini, demikian Gunastawa, kader Partai NasDem sedang bergerak untuk menghimpun dukungan KTP bagi Rai Mantra. Ini dilakukan, karena tahapan untuk jalur perseorangan yang lebih awal dibuka dibandingkan jalur partai politik.

“Tentu kita tidak ingin tergelincir. Kita coba bergerak cepat mengumpulkan dukungan. Jadi kalau nanti komunikasi dengan partai mentok, maka kami bisa usung Pak Rai Mantra melalui jalur perseorangan,” pungkas Gus Oka, sapaan akrab Gunastawa.