Bali Tribune, Jumat 15 Desember 2017
Diposting : 11 May 2016 15:35
I Made Darna - Bali Tribune
gangguan jiwa
Keterangan Gambar: 
MEMBERI SANTUNAN - Ketua K3S Kabupaten Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta didampingi Ketua DWP Ny. Kompyang R Swandika, memberikan santunan dan bingkisan kepada keluarga I Made Sabur asal Banjar Benega, Jimbaran, Kabupaten Badung, Selasa (10/5).

Mangupura, Bali Tribune

Koordinator Kegiatan Keluarga Sejahtera (K3S) Kabupaten Badung mengunjungi keluarga penderita sakit jiwa asal Banjar Benega, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung, Selasa (10/5).

Dalam kesempatan itu, Koordinator Kegiatan Keluarga Sejahtera (K3S) Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Kompyang R. Swandika, Camat Kuta I Wayan Wirya menyantuni keluarga I Made Sabur berupa bingkisan, uang dan paket sembako.

Hadir dalam kesempatan tersebut dinas terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung serta anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Badung, Lurah Jimbaran Ketut Rimbawan serta tokoh masyarakat Desa Adat Jimbaran.

Menurut Camat Kuta Selatan I Wayan Wirya, keluarga I Made Sabur yang mengalami gangguan jiwa terdiri dari saudara laki-lakinya dan perempuannya. Begitu juga dengan ibunya yang sudah tiada. “Sementara ayahnya yang dulu dikenal oleh masyarakat Jimbaran sebagai seorang nelayan yang gagah dan sangat ulet juga mengalami gangguan jiwa. Namun beliau belakangan ini sudah mendingan dan sudah dapat diajak berkomunikasi walau dengan kalimat-kalimat yang terbatas,” katanya.

Sementara I Made Sabur menyatakan tidak tahu kenapa keluarganya banyak mengalami gangguan jiwa. “Tiang (saya) agak kewalahan mengingat hampir seluruh keluarga mengalami gangguan jiwa yang tiang sendiri tidak mengerti apa penyebabnya” ujarnya.

Saudara laki-laki yaitu I Ketut Jabir sebelumnya sudah pernah berobat di RSJ Bangli, namun penyakitnya tidak kunjung sembuh. “Dengan keadaan yang serba terbatas dengan kebutuhan hidup yang menghimpit dan keterbatasan biaya akhirnya saudara tiang (I Ketut Jabir) dipulangkan dan dirawat di rumah sampai sekarang,” kata I Made Sabur.

Kehadiran Ketua K3S Kabupaten Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta beserta rombongan ini sangat dirasakannya sebagai bentuk perhatian besar dari Pemkab Badung terhadap warga kurang mampu. “Saya berterima kasih atas cepat tanggapnya pemerintah Kabupaten Badung dengan memberikan sebuah harapan untuk kesembuhan orang tua dan saudara tiang dan turut membagi rasa kebahagiaan yang sangat peduli kepada keluarga tiang niki,” tandasnya.

Ketua K3S Kabupaten Badung Ny Seniasih Giri Prasta menghimbau, kedepannya agar pihak terkait di pemerintahan Kabupaten Badung harus sigap dan tangap dalam memberikan pelayanan dengan maksimal untuk masyarakat. Demi suksesnya program-program untu pembangunan di Badung.

Ny. Seniasih Giri Pratas berharap, orang tua serta dua saudara I Made Sabur yang mengalami gangguan jiwa dapat tertangani dengan cepat, sehingga dapat segera sembuh, dan beraktivitas normal seperti hari sebelumnya. Terkait kendala biaya untuk medisnya, pihaknya menyarankan agar seluruh keluarga I Made Sabur didaftarkan pada BPJS Badung Sehat Manguwaras. “Dengan BPJS Badung Sehat akan sangat meringankan bagi keluaraga penderita,” harapnya.