Diposting : 3 March 2019 20:28
habit - Bali Tribune
Bali Tribune/ana Ogoh-ogoh "Kuwera Punia Karma”

Mangupura,  Bali Tribune

Pemenang lomba ogoh-ogoh tahun 2019 telah diumunkan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung. Sebagai juara 1 diraih oleh ST Bhakti Karya, Banjar Badung Munggu, Mengwi dengan perolehan skor 3.462.  Pemuda ini mengangkat tema "Kuwera Punia Karma”. 

Kemudian juara 2 disusul ST Bakti Asih, Banjar Teba Jimbaran, Kuta Selatan dengan skor 3.459 dan juara 3 diraih oleh ST Sila Dharma, Banjar Tengah Tegal, Abiansemal dengan skor 3.419. 

Disbud Badung juga menetapkan juara harapan, yakni juara harapan 1 ST Kumara Canthi, Banjar Petang Kelod, Petang dengan nilai 3.412, juara harapan 2 diraih ST Dipa Bhuana Canti, Banjar Basangkasa Kerobokan, Kuta Utara  dengan skor 3.395 dan harapan 3 diraih ST Eka Bhuana Tunggal, Banjar Seminyak Kaja, Kuta dengan nilai 3.376.

Penetapan pemenang tiga besar dari enam kecamatan di Badung ini diawali dengan seleksi 18 besar di masing-masing kecamatan. Penilaian melibatkan sejumlah unsur, yakni Disbud Badung, panitia kecamatan, MMDP, Listibya, dan Kementerian Agama berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh enam juri.

Kadisbud Badung, Ida Bagus Anom Bhasma, mengatakan penetapan pemenang ini tidak diisi dengan seremonial.  Termasuk dalam penyerahan hadiah juga dilakukan secara langsung, yakni ketua sekaa teruna pemenang mengambil hadiah ke kantor Disbud Badung. 

“Sudah kami tetapkan pemenangnya, cuma tidak ada seremonial penyerahan hadiah, " ujarnya,  Minggu (3/3).

Bagi juara 1 mendapat hadiah uang tunai Rp 25 juta, hadiah kedua Rp 20 juta, yang ketiga mendapat Rp 15 juta. Untuk pemenang harapan 1, 2, dan 3 masing-masing diberikan Rp 10 juta. "Ini sebagai dana motivasi kami agar kreativitas generasi muda terus bertumbuh," kata Anom Bhasma. 

Dikatakan juga sesuai arahan Bupati Badung tahun 2020 nanti, dana pembinaan akan dinaikkan menjadi Rp 40 juta. Bantuan untuk menunjang kreativitas generasi muda juga akan diberikan kepada yowana yang selama ini luput dari perhatian Pemkab.

“Nanti yowana yang ada di perumahan juga akan kami usulkan memperoleh dana pembinaan, jadi tidak lagi terkesan pilih kasih hanya Sekaa Teruna saja," tegasnya. 

Untuk diketahui guna mendukung pelestarian seni dan budaya, Pemkab Badung melalui Dinas Kebudayaan menganggarkan sebesar Rp 24 juta dipotong pajak 15 persen menjadi Rp 20.400.000 per Sekaa Teruna. Jumlah Sekaa Teruna di Badung sebanyak 536 Sekaa Teruna, namun yang mendapat dana motivasi hanya 535 Sekaa Teruna lantaran satu Sekaa Teruna tidak membuat Ogoh- ogoh karena terhalang perbaikan Bale Banjar.  

Sementara dalam lomba ogoh-ogoh tahun 2019 penilaian berdasarkan sejumlah kriteria. Seperti, harus berwujud bhutakala, terbuat dari bahan ramah lingkungan, tidak bernuansan porno, SARA, tidak bermuatan politik, dan tidak membawa pesan sponsor.  ana