Diposting : 9 November 2018 20:30
Redaksi - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Seorang wisatawan asing terjaring dalam Operasi Zebra kemarin karena tidak memakai helm saat berkendara
 
BALI TRIBUNE - Kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih kurang. Hari ke 10 Operasi Zebra Agung 2018 masih menindak sejumlah pelanggaran. Dit Lantas Polda Bali melakukan razia di Jalan Raya Sesetan Denpasar, Kamis (8/11) kemarin menyasar pengendara sepeda motor yang membawa barang berlebihan. 
 
Dalam Razia kali ini, sebanyak 50 pengendara sepeda motor terjaring razia. Selain membawa barang yang berlebih,  kebanyakan pelanggar tidak dilengkapi dengan SIM, STNK dan yang tidak menggunakan helm. "Polisi sengaja menertibkan pengendara motor yang membawa barang berlebih karena sangat membahayakan pengguna jalan lain dan sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri," ungkap Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hengky Widjaja, SIk.
 
Hengky Widjaja berharap dengan kegiatan penertiban ini dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar. "Semoga masyarakat semakin sadar untuk tertib berlalu lintas. Utamakan keselamatan berlalu lintas dan keselamatan sebagai kebutuhan nomor satu," imbuhnya.
 
Hasil operasi yang sama dilakukan Sat Lantas Polres Badung. Puluhan pelanggar, seperti tidak menggunakan sabuk keselamatan, melebihi muatan, tidak menggunakan helm dan pengendara di bawah umur, serta pengendara yang menggunakan headset dan handphone juga ditindak. Lantaran banyak pengendara yang tidak memakai helm saat berkendara, sehingga rencana operasi selanjutnya akan dibagikan helm bagi pengendara yang tidak memakai helm. "Tapi mereka ditilang dulu karena melanggar tidak pakai helm. Pengendara yang melanggar tidak pakai helm akan kita bagikan helm," ungkap Kasat Lantas IPTU Kanisius Franata SIK kemarin. ray