Bali Tribune, Selasa 12 Desember 2017
Diposting : 3 June 2016 16:08
Ketut Sugiana - Bali Tribune
WTP
Keterangan Gambar: 
PENGHARGAAN - Bupati Suwirta saat menerima penghargaan WTP dari BPK RI

Semarapura, Bali Tribune

Menjelang periode akhir masa jabatan Bupati Suwirta mendapat penghargaan prestisius, Pemkab Klungkung untuk pertama kali sepanjang beberapa pemerintahan mendapatkan predikat Opini WTP.  

Hal itu diterima Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Wayan Baru beserta Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung Ida Bagus Sudarsana serta para Bupati Walikota, dan DPRD se-Bali menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2015 yang diselenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan( BPK)  Republik Indonesia (RI) di Aula Gedung BPK RI Provinsi Bali, Kamis (2/6).

Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Provinsi Bali Dori Santosa dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam tahun 2016 BPK telah memeriksa hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015, berdasarkan pemeriksaan tersebut didapatkan opini Kabupaten Klungkung dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian. Perwakilan BPK mengapresiasi hasil yang diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung.

BPK Menyatakan bahwa laporan Keuangan dalam segala hal yang telah disaksikan secara wajar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Pemeriksaan atas laporan keuangan  merupakan pemeriksaan untuk menguji kewajaran penyajian angka-angka dalam laporan keuangan.

Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Wayan Baru dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan terhadap LKPD Pemerintah Kabupaten Klungkung merupakan upaya menciptakan pemerintah yang bersih dan berwibawa dengan adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah, terhadap hasil LKPD Pemerintah Kabupaten Klungkung tahun anggaran 2015.

DPRD Kabupaten Klungkung mengapresiasi kinerja Bupati Klungkung beserta jajarannya atas pengelolaan Keuangan Daerah yang telah mengalami peningkatan dan sesuai dengan ketentuan. DPRD Klungkung mengharapkan, kinerja keuangan Kabupaten Klungkung 2016 agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Bupati Suwirta menyatakan bahwa penghargaan yang didapatkan Pemerintah Kabupaten Klungkung dipersembahkan kepada SKPD dan Masyarakat Klungkung, mudah-mudahan hasil yang diperoleh dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian, supaya bisa menjadi motivasi untuk menuju Klungkung yang unggul dan sejahtera yang sejalan dengan program aksi Gerakan Masyarakat Santun dan Inovasi. Selain itu juga, Bupati Suwirta menyarankan agar Penghargaan WTP ini dapat dipertahankan dan menjadi motivasi bagi SKPD dalam bekerja.