Diposting : 15 March 2019 22:51
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bali Tribune/ata Orang gila diamankan ke RSJ Bangli

Gianyar | Bali Tribune.co.id - Mungkin karena cita-cita menjadi tukang listrik yang tak kesampaian, atau ingin jadi robot elektronik, menjadikan Made Tinggal (55) penderita kelanian jiwa ini memiliki kebiasaan unik dan meresahkan. Beberapa bulan belakangan, warga Banjar Taman, Bedulu, Blahbatuh ini suka melilitkan kabel ke seluruh badannya. Kelurganya pun resah, lantaran  Made tidak bisa berjalan dan kerap mengancam saat keluarganya ingin membersihkannya.

Dari keterangan yang diterima,  Made Tinggal sudah menderita kelanian jiwa sejak lama dan sudah berulangkali dibawa ke RSJ Bangli.  Syukurnya, selama ini  tidak  pernah berprilaku meresahkan lingkunganya.  Hanya saja, dalam beberapa bulan terakhir,  Made Tinggal suka mengoleksi beragam jenis kabel yang dia temukan. Anehnya lagi, kabel-kabal itu  kemudian dililitkan ke dalam tubuhnya.  “Pakaiannya dilepas, kemudian  badanya dililiti kabel hingga seperti mumi. Karena kedua  kakinya  ikut diliit, dia nggak bisa jalan dan hanya tinggal di dalam kamar,” ungkap Nyoman Muliana, salah seorang kerabatnya.

Karena tidak bisa bergerak,  pihak kelurag lentas merayu agar kabel-kabel itu dilepas. Namun, tinggal menjadi agresif setiap kali kabel-kabel yang meliliti tubuhnya dilepas.  Khawatir, dengan gerak Made yang kian  terbatas bahkan jarang makan, pihak kelurga pun memohon bantuan Petugas Pol PP untuk memberishkan kabel-kabal itu lanjut dirujuk ke RSJ Bangli.

Menerima laporan dari keluarganya, Kepala Dinas Satpol PP & Pemadam Kebakaran Cokorda Agusnawa memerintahkan anggota sebanyak 8 personel, petugas Sat Pol Gianyar, langsung turun ke lokasi untuk mengamankan Made. Tiba di lokasi, petugas Pol PP harus bersabar untuk merayu Made. Petugas yang sabar merayu akhirnya berhasil diizinkan untuk melepaskan kabel-kebal itu. “Setelah kami bersihkan tubuhnya, kami pakaikan baju dan celana  dan langsung kami Giring ke RSJ Bangli,” ungkap Petugas Pol PP I Wayan Nasta.

Disebutkan, sebelumya Orgil ini sudah pernah menjalani pengobatan di RSJ, mengalami gangguan jiwa sejak lama. Beberapa hari belakangan sering teriak-teriak dengan kondisi seperti terpasung lantaran terlilit kabel.  Pihak kelurga pun khawatirkan kondisi kesehatannya, lantaran beberapa hari terakhir tidak makan. ata