Diposting : 10 October 2018 12:53
Agung Samudra - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
PEMADAMAN - Upaya pemadaman kebakaran di lahan hutan lindung wilayah Hutan BKSDA dan Hutan KPH Bali Timur.
BALI TRIBUNE - Tim gabungan berjibaku memadamkan kobaran api di lahan hutan lindung wilayah Hutan BKSDA dan Hutan KPH Bali Timur Dinas Kehutanan Provinsi Bali, di seputaran Gunung Batur Kintamani, Selasa (9/10). Bahkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto juga ikut serta dalam tim untuk memadamkan kebarakan yang sudah berlangsung 2 hari.
 
Kepala BPBD Bangli I Wayan Karmawan menyampaikan, sebelumnya kebarakan lahan hutan terjadi dibeberapa titik, yakni meliputi Trunyan, Siakin, Tabu, Datah, Yeh Mampeh. Upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan, BKSDA, Kesatuan Pengelola Hutan (KPA), Kodim 1626/Bangli, Polres Bangli serta warga sekitar. “Untuk saat ini api di puncak Gunung Batur, api di Dusun Tabu, Desa Songan B, sudah padam,” ungkapnya seraya mengakatan proses pemadaman terkendala medan yang terjal.  
 
Disampaikan, pihaknya masih berupaya memadamkan beberapa titik api di Dusun Yeh Mampeh, Desa Batur Selatan (sebelah barat kaki Gunung Batur) dan di lokasi tersebut titik api yang mulai mengecil. “Lahan yang terbakar meliputi Hutan Wisata Alam (WTA) milik BKSDA dan hutan produksi milik Dinas Kehutanan Provinsi Bali. Luas lahan yang terbakar masih didata sehingga belum bisa disampaikan secara detail,” jelasnya.