Bali Tribune, Jumat 20 Juli 2018
Diposting : 7 July 2018 00:49
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Paldam IX/Udayana melaksanakan kegiatan donor darah di RSU Bali Mandara, Sanur, Denpasar. Rabu (4/7)
BALI TRIBUNE - MENYONGSONG HUT ke-72 Corp Peralatan TNI Angkatan Darat (AD) yang diperingati setiap 10 Juli 2018, Paldam IX/Udayana melaksanakan kegiatan donor darah di RSU Bali Mandara, Sanur, Denpasar. Rabu (4/7)
 
Kegiatan ini diprakarsai Kapaldam IX/Udayana Kolonel Cpl Ir Tommy Mukti Widyastomo, bekerja sama dengan PMI Cabang Provinsi Bali, dan mengerahkan 150 anggota Paldam IX/Udayana, baik militer, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Paldam IX/Udayana dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 4 Paldam.
Kapaldam menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud partisipasi anggota Peralatan Kodam (Paldam) IX/Udayana kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah. Jadi, seluruh kantong darah yang terkumpul siap disumbangkan kepada masyarakat melalui PMI Cabang Provinsi Bali, dengan harapan agar dapat membantu kesulitan masyarakat yang tengah membutuhkan bantuan darah.
 
Mengingat demikian pentingnya setetes darah dalam menyelamatkan kehidupan seseorang, dengan sumbangan darah ini setidaknya dapat membantu kesulitan masyarakat, terutama yang membutuhkan bantuan darah. Kegiatan ini merupakan realisasi dari tema acara, yaitu “Dilandasi Semangat Dwi Cakti Bhakti, Kita Wujudkan Aktualisasi Diri Prajurit Peralatan yang Profesional dalam Mewujudkan Sistem Pemeliharaan yang Efektif dan Akuntabel Guna Tercapainya Kesiapan Operasional Satuan dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI-AD“.
 
“Hal ini sebagai salah satu ciri prajurit profesional yang senantiasa menyatu dan manunggal dengan rakyat, karena pada hakekatnya rakyat adalah ibu kandung dari prajurit yang berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan demi kepentingan rakyat. Komitmen seperti ini senantiasa ditegakkan oleh TNI, termasuk prajurit Corp Peralatan dalam setiap pelaksanaan tugas,” ujarnya.
 
Adapun manfaat yang diperoleh dalam pelaksanaan donor darah ini adalah dapat menumbuhkan kepekaan sosial dan mengamankan stok darah di PMI Cabang Provinsi Bali. Sedangkan manfaat positif bagi para pendonor, antara lain dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan.