Diposting : 16 May 2019 23:44
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/ Nyoman Sudiartha
balitribune.co.id | Denpasar -  Persatuan Angkutan Pariwisata Bali (Pawiba) diminta terlibat dalam menyediakan angkutan Lebaran 2019. Sebanyak 50 hingga 100 armada bus berkapasitas 40-45 penumpang disiapkan oleh member Pawiba. Demikian disampaikan Ketua Pawiba, Nyoman Sudiartha beberapa waktu lalu saat ditemui di Denpasar. 
 
Menurutnya, Organisasi Angkutan Darat (Organda) memberikan kesempatan kepada Pawiba untuk menyediakan angkutan Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Armada yang akan mengangkut masyarakat ke masing-masing tujuan salah satunya ke Pulau Jawa akan disiagakan beberapa hari menjelang Idul Fitri. 
 
"Armada yang disediakan 50 sampai 100 unit bus. Sesuai Peraturan Pemerintah armada Pawiba disiagakan mulai H-7 sampai H+7. Selama angkutan itu diperlukan karena kita backup Organda dan angkutan antar provinsi," terang Sudiartha. 
 
Saat ini kata dia, secara keseluruhan jumlah armada yang ada di Pawiba sekitar 150 unit diantaranya bus yang memiliki kapasitas tempat duduk lebih banyak daripada angkutan antar provinsi. 
 
Berdasarkan pengalaman Lebaran sebelumnya, tidak hanya komunitas, sejumlah perusahaan pun memerlukan armada dengan kapasitas 45-50 seats. Namun untuk tahun ini dikarenakan masih suasana pemilihan umum (Pemilu), diperkirakan untuk komunitas akan memilih menggunakan kendaraan pribadi. 
 
"Memang ada komunitas atau perkumpulan biasanya memerlukan armada seperti tahun-tahun kemarin. Karena sekarang tahun politik mungkin kebanyakan secara pribadi-pribadi jalannya. Kecuali ada perusahaan yang akan menyewa bus untuk memberangkatkan. Ini yang akan disediakan juga oleh Pawiba," katanya. 
 
Disebutkannya terkait biaya operasional, Pawiba menghitung kendaraan untuk pergi pulang. "Kalau dari jumlah harga mungkin sama dengan bus angkutan antar provinsi tapi kapasitas kendaraan kita jauh lebih banyak dari angkutan antar provinsi. Bus antar provinsi paling banyak jumlah tempat duduknya 33. Kita bisa memberikan kapasitas 45 seats dengan fasilitas yang sama yaitu toilet dan lainnya," beber Sudiartha. 
 
Demi keamanan dan keselamatan penumpang, kegiatan ram check masing-masing kendaraan pun dilakukan untuk melihat kesiapan dari sisi fisik dan legalitas kendaraan. "Rekan-rekan (member Pawiba) kita, sudah siapkan untuk angkutan Lebaran ini," tegasnya.