Bali Tribune, Jumat 19 Januari 2018
Diposting : 14 July 2016 11:14
San Edison - Bali Tribune
PDIP
Keterangan Gambar: 
I Wayan Koster

Denpasar, Bali Tribune

Saat ini PDIP sedang merampungkan agenda Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di masing-masing kabupaten dan kota seluruh Bali. Rakercab ini dimulai dari Kota Denpasar, Badung, Jembrana dan kabupaten lainnya di Bali. Dalam Rakercab tersebut, ada banyak agenda yang dibahas, termasuk upaya pemenangan PDIP di Bali ke depan.

PDIP di antaranya merancang kemenangan Pilkada Buleleng 2017, Pilkada Gianyar dan Klungkung serta Pilgub Bali 2018, hingga Pilpres/Pileg serentak pertama tahun 2019 mendatang. Menariknya, dalam Rakercab tersebut juga menguat dukungan DPC terhadap Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster, untuk tampil sebagai calon gubernur pada Pilgub Bali 2018.

Hal ini dibenarkan Koster saat dihubungi melalui telepon di Denpasar, Rabu (13/7). Menurut dia, DPD PDIP Bali menargetkan agar kepala daerah di semua kabupaten dan kota di Bali ke depan, dijabat kader-kader PDIP. Untuk daerah yang pada Pilkada serentak 2015 gagal direbut PDIP, pada Pilkada mendatang diperjuangkan agar dipimpin kader PDIP.

Adapun untuk Pilkada Buleleng 2017, ia memastikan PDIP akan memenangkan suksesi kepemimpinan itu. "Demikian juga dengan Pilkada 2018, yakni Gianyar dan Klungkung serta Pilgub Bali," tutur politisi PDIP asal Buleleng itu.

Khusus untuk Pemilihan Legislatif 2019, demikian Koster, PDIP telah menyiapkan kader-kader terbaik yang diharapkan dapat meningkatkan perolehan suara dan kursi PDIP di masing-masing kabupaten dan kota secara siginifikan. Demikian halnya terkait perolehan suara dan kursi untuk DPRD Provinsi Bali dan DPR RI.

Koster mengklaim peluang untuk bisa meningkatkan perolehan kursi ini sangat besar. Anggota Fraksi PDIP DPR RI itu menyontohkan untuk DPRD Kota Denpasar, di mana dengan soliditas kader yang sangat tinggi, diyakini sisa kursi yang ada masih bisa direbut oleh DPC PDIP Kota Denpasar. 

"Logikanya, di Denpasar kita bisa menambah lagi dua kursi untuk di DPRD Kota Denpasar dan menambah lagi satu kursi di DPRD Provinsi Bali,” tandas Koster.

Selanjutnya untuk Kabupaten Buleleng, Koster menegaskan, pihaknya berjuang agar perolehan kursi di DPRD Kabupaten Buleleng naik dari 15 kursi menjadi 18 kursi. Sementara untuk di DPRD Provinsi Bali dari 5 kursi saat ini, menjadi 7 kursi pada Pileg 2019 mendatang.

"Adanya kenaikan perolehan kursi di masing-masing kabupaten dan kota di Bali, secara otomatis nantinya akan ada tambahan kursi untuk di DPR RI dari sisa kursi yang akan diperebutkan. Jadi di DPR RI, harus naik dari 4 kursi saat ini menjadi 5 kursi,” pungkas Koster.