Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 9 June 2016 16:23
Djoko Purnomo - Bali Tribune
pebalap
Keterangan Gambar: 
Pebalap sepeda PON Bali bersama pebalap dari BRCC Banyuwangi.

Denpasar, Bali Tribune

Untuk mengasah ketajaman waktu tempuh, salah seorang pebalap PON Bali, eko Setiawan melakukan latihan bersama dengan empat pebalap klub sepeda BRCC Banyuwang. Mereka berlima melakukan latihan bersama mengelilingi sebagian Pulau Dewata.

“Ya kami latihan bersama mulai dari Banyuwangi, Jembrana, Tabanan, Singaraja, Kintamani, Denpasar, Gianyar dan Bangli. Bagi saya ini bagus karena saya bisa mengukur kecepatan saya bersama pebalap BRCC yang diwakili Ari, Aby, Galih dan Sandy,” ujar Eko Setiawan di KONI Bali, Rabu (8/6).

Diakuinya juga mereka bakal berlatih bersama sepekan lagi, setelah itu para pebalap sepeda BRCC bakal kembali ke Bali. Para pebalap BRCC itu, menurutnya merupakan pebalap yang turun di Tour de Ijen lalu.

“Keempatnya merupakan pebalap sepeda yang lebih muda dari saya tapi memiliki kecepatan bagus. Jadi saya selalu melesat untuk mengalahkan kecepatan mereka dan memang saya lebih cepat dari mereka,” ujar pebalap PON Bali nomor road race itu.

Eko Setiawan yang juga pebalap sepeda dari Denpasar itu menjelaskan jika selama melakukan latihan selama ini, dirinya selalu mengejar peningkatan lesatan kayuhan sepedanya. Dan diakuinya sudah menunjukkan hasil yang memuaskan.

“Setiap latihan selalu peningkatan waktu yang saya kejar. Dan itu saya lakukan tidak hanya di jalan raya yang rata namun juga jalan tanjakan seperti di Bedugul. Hasilnya memang positif naik meski tidak dratis,” paparnya.

Dijelaskannya banyak hal yang dilakukan saat latihan dengan para pebalap Banyuwangi itu. Terutama saat menyalip dalam kondisi jalan tanjakan dan tikungan. Hal itu penting nantinya untuk modal berlaga di PON Jabar nantinya.   

“Jadi memang bermanfaat sekali dalam latihan bersama ini. Termasuk ketika bagaimana cara menyalip saat pebalap rival berusaha menutup jalan. Semuanya saya terapkan di latihan bersama ini,” pungkas Eko Setiawan.