Bali Tribune, Kamis 19 Juli 2018
Diposting : 1 February 2018 19:25
I Ketut Sugiana - Bali Tribune
budaya
Keterangan Gambar: 
Pecaruan Purnama Kawulu di Akah dan Banjarangkan

Wabup Made Kasta serahkan punia saat hadir dalam pelaksanaan ritual mecaru melaspas lan mendem pedagingan di Pura Paibon Pande Akah, Dusun Sangging, Desa Akah Rabu (31/1) kemarin.
------------------------
BALI TRIBUNE - Bertepatan dengan rahina Purnama Kawulu, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta menghadiri pelaksanaan ritual mecaru melaspas lan mendem pedagingan di Pura Paibon Pande Akah, Dusun Sangging, Desa Akah Rabu (31/1) kemarin. Disambut hangat warga setempat, Wabup hadir didampingi Ny. Sri Kasta.


Prosesi yang bertujuan untuk pensucian seluruh pelinggih baru itu dipuput oleh Ide Sri Mpu Ganda Wani Griya Gelgel.

Para pengempon yang berjumlah 40 kepala keluarga ini sebelumnya telah melakukan renovasi terhadap seluruh palinggih pura. Adapun total dana yang terserap untuk renovasi dimaksud mencapai total Rp 185 juta dimana Rp 105 juta merupakan bantuan Pemda Klungkung.

Usai menghadiri pelaksanaan ritual di Pura Paibon Pande Akah, dihari yang sama pula Wabup Kasta menghadiri pelaksanaan ritual yang sama di Pura Dalem Puncak Manik di Dusun Pagutan Desa Banjarangkan.
Klian Dusun Pagutan, Kadek Setiawan mengatakan, Gedong Penyimpenan di pura itu sebelumnya telah di perbaikan secara menyeluruh dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 100juta.

Dana dimaksud berasal dari bantuan Pemda Klungkung sebesar Rp 60 juta dan sisanya adalah urunan (iuran,red) oleh masing-masing pengempon pura yang berjumlah 40 KK.

Rangkaian ritual di Pura Dalem Pucak Manik dipuput oleh Ida Peranda Gede Manuaba dari Griya Gede Tusan.

Wabup Made Kasta dalam kesempatannya berharap seluruh rangkaian upacara dapat berjalan lancar dengan dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong royong.

Dia mengatakan, bantuan yang diberikan Pemkab Klungkung kepada masing masing pura adalah wujud komitmen Pemkab dalam pelestarian adat dan budaya.