Diposting : 13 June 2019 14:57
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Para anggota Subak Lanyaan Desa Nagasepeha Kecamatan Buleleng sedang mengikuti pembinaan oleh Tim Pembina Kecamatan di Balai Subak setempat, Rabu (12/6) kemarin.
balitribune.co.id | Singaraja - Tim Pembina Kabupaten Buleleng, Kamis (13/6) besok akan melaksanakan pembinaan bagi Subak Basah Lanyaan Desa Nagasepaha. Serangkaian dengan hal tersebut Tim Pembina Kecamatan melaksanakan pembinaan di subak itu, Rabu (12/6) kemarin.
 
Ketua Tim Pembina yang juga Kasi Kesejahteraan Sosial dan Budaya Kantor Camat Buleleng, Dayu Komang Sadrika didampingi anggotanya secara bersama-sama melaksanakan pembinaan di masing-masing baga.
 
Hadir pula Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Buleleng, unsur dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, PHDI dan WHDI Kecamatan Buleleng mendampingi Tim Pembina Kecamatan Buleleng dalam pembinaan kali ini.
 
Kelian Subak Sawah Lanyaan mengapresiasi kehadiran tim guna melaksanakan pembinaan. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih karena lembaganya diberikan kesempatan untuk terlibatpada kegiatan itu.
 
“Kami berharap, bisa meningkatkan pengetahuan, baik secara administrasi maupun tata cara pengelolaan di masing-masing baga,”terangnya.
 
Sementara Dayu Komang Sadriani disela-sela pembinaan kemarin menegaskan, para anggota subak untuk serius dan cermat mengikuti petunjuk yang diberikan tim pembina.
 
“Ditahun ini, Subak Sawah (Basah) tidak dilombakan, melainkan hanya diberikan pembinaan, akan tetapi pembinaan ini sama halnya dengan perlombaan mulai dari  Baga Parhyangan, Pawongan dan Palemahan,” terang Dayu Sadrika.
 
Untuk tahun 2019 ini, Subak Lanyaan Desa Nagasepaha menjadi duta kecamatan Buleleng. Adapun kriteria pembinaan diantaranya, baga parhyangan yaknim menyangkut hubungan manusia dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa. Baga pawongan tentang, hubungan antar krama yang mencangkup tentang keberadaan anggota, kepengurusan, tata cara rapat, ketatausahaan dan awig-awig. Dan, baga palemahan menyangkut soal kewilayahan.