Diposting : 28 June 2017 20:22
redaksi - Bali Tribune
ARUS BALIK
Keterangan Gambar: 
ARUS BALIK - Suasana di Pelabuhan Padang Bai memasuki arus balik lebaran.

BALI TRIBUNE - H+2 lebaran, Selasa (27/6), arus balik pemudik yang tiba di Pelabuhan Padang Bai mulai mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasi arus balik lebaran ini aparat kepolisian gabungan dari Polsek Kawasan Laut Padang Bai dan BKO Polres Karangasem semakin memperketat pengamanan dan penjagaan di pintu masuk ujung timur Bali tersebut.

Begitu ada kapal sandar, belasan anggota polisi langsung melakukan razia di pintu keluar pelabuhan. Seluruh kendaraan dihentikan petugas untuk selanjutnya diperiksa surai-surat serta kelengkapannya. Sedangkan seluruh penumpang baik di bus, truk maupun dalam kendaraan probadi diminta turun guna diperiksa kelengkapan identitasnya, sementara anggota polisi lainnya melakukan penggeledahan barang bawaan penumpan dan barang dalam bagasi kendaraan dengan menggunakan metal detektor serta dibantu oleh satu ekor anjing pelacak dari K-9.

Saking ketatnya penjagaan, tak satupun kendaraan orang dan barang yang lolos masuk ke Bali begitu saja tanpa pemeriksaa petugas. Periwira Pengawas (Pawas) Pos Terpadu Lebaran, Iptu I Nyoman Sucita, kepada wartawan kemarin menjelaskan untuk pemeriksaan  dan pengamanan di Pelabuhan Padng Bai diterjunkan sebanyak 28 orang personil polisi dari BKO Polres Karangasem yang dibagi menjadi dua shift perhari, ditambah dengan anggota dari Polsek Kawasan Laut Padang Bai. Selain itu untuk pengamanan pintu masuk pelabuhan selama mudik dan arus balik lebaran ini juga di back up oleh anggota TNI sebanyak lima orang perharinya.

“Kita lakukan pemeriksaan menyeluruh baik kendaraan, orang dan barang. Namun sejauh ini belum ditemukan adanya barang berbahaya atau tindakan yang mengarah ke tindak pidana,” sebutnya. Namun demikian hingga sore kemarin dari hasil pemeriksaan ditemukan ada empat pelanggar yang langsung ditindak masing-masing tiga mengendara tidak membawa kelengkapan STNK serta satu mobil KIR nya mati dan semuanya dikenakan sanksi tilang.

Sementara itu arus balik lebaran hingga kemarin masih didominasi oleh kendaraan roda dua, dan diperkirakan puncak arus balik lebaran akan terjadi pada Minggu mendatang atau setelah usai lebaran ketupan seiring berakhirnya masa libur panjang lebaran.