Pemesanan Tanpa Kontak Upaya Cegah Penyebaran Covid-19 Saat Proses Pesan-Antar Makanan | Bali Tribune
Diposting : 18 March 2020 19:10
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Neneng Goenadi

balitribune.co.id | Denpasar - Di tengah kepanikan masyarakat karena isu virus Corona (Covid-19) berbagai pihak pun melakukan pencegahan penyebaran wabah global ini di Bali dan Indonesia umumnya. Pencegahan penyebaran wabah Wuhan, Tiongkok tersebut juga dilakukan oleh layanan pesan-antar makanan online. Hal ini berdasarkan instruksi dari Presiden Jokowi pada 16 Maret 2020 kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. 

Neneng Goenadi Managing Director Grab Indonesia, Rabu (18/3) menyampaikan, seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan melawan musuh bersama yaitu pandemi virus. KitaVSCorona berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, membangun keteguhan dan memberdayakan masyarakat Indonesia saat masyarakat bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi. 

"Kami telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup mereka," katanya. 

Sejak dimulainya wabah penyebaran virus Covid-19 pada akhir tahun 2019 pihaknya mengaku telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan terhadap Covid-19. "Kami menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, mitra pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional. Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi penyebaran virus di Indonesia," jelas Neneng. 

Menurut dia, jaga jarak sosial yang aman dengan memanfaatkan Pemesanan Tanpa Kontak sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran. Pemesanan Tanpa Kontak ini tersedia dalam aplikasi yaitu dengan langkah menginformasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan. 

Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, dengan meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut. Selanjutnya Ia sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.