Diposting : 20 February 2018 20:41
Redaksi - Bali Tribune
penghargaan
Keterangan Gambar: 
PENGHARGAAN - Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata serahkan penghargaan kepada OPD terbaik.

BALI TRIBUNE - Untuk kali pertama, Pemkab Gianyar melalui Inspektorat Kabupaten Gianyar memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar di wantilan Restoran Bebek Bengil, Senin, (19/2). Penghargaan di berikan setelah Inspektorat Kabupaten Gianyar melakukan pemeriksaan komprehensif terhadap 12 obyek pemeriksaan  dengan 10 kategori penilaian. Kategori tersebut didasarkan pada Indikator Kinerja Utama (IKU) Inspektorat Kabupaten Gianyar dan dikaitkan dengan Key Process Area (KPA) Leveling.

Inspektur Kabupaten Gianyar, I Made Juanda, SE.,MM mengatakan, dari 12 obyek pemeriksaan tersebut terdapat 63 temuan. Terdiri dari temuan administrasi sebanyak 35 buah temuan dan temuan berupa keuangan/finansial sebanyak 28 buah temuan dengan nilai finansial sejumlah Rp. 371.575.610. “Dari 63 temuan pemeriksaan, 47 temuan telah selesai ditindaklanjuti, sedangkan 16 temuan pemeriksaan masih dalam proses monitoring tindak lanjut hasil pemeriksaan,” tambah Juanda.

Adapun penerima penghargaan diberikan kepada OPD (entitas) dengan 10 kategori antara lain, entitas dengan temuannya kurang dari lima temuan diraih Bagian Pengadaan Setda Kabupaten Gianyar, entitas dengan temuan inmaterial terkecil diraih Bagian Pengadaan Setda Kabupaten Gianyar, entitas yang tidak memiliki temuan berulang diraih Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, entitas yang memperoleh nilai audit kinerja terbaik (KPA) diraih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, nilai evaluasi SAKIP/LKjIP yang terbaik dari tahun 2012-2017 diraih Bappeda dan Litbang, entitas yang tercepat menyelesaikan temuan sesuai dengan monitoring tindaklanjut diraih Bagian Umum Setda Kabupaten Gianyar, entitas yang tercepat menyelesaikan temuan BPK RI UPT Kesmas Payangan, entitas yang tercepat menyelesaikan temuan Inspektorat Provinsi Bali diraih Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Tim pemeriksa terbaik (kriteria kesolidan tim dalam melaksanakan kertas kerja sampai pada pelaporan) diraih Tim Pemeriksa Reguler pada Desa Lod Tunduh, serta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terbaik diraih I Nyoman Alit Parnata, SE., MM. “Pemberian penghargaan ini diharapkan bisa menjadi motivasi. Sebagai virus disebarkan ke seluruh OPD sehingga yang lain dipicu. Ketika kita berbicara baik, disanalah akuntabilitas itu bicara. Jika seluruh OPD semuanya baik, segi laporan keuangan, SAKIP, saya rasa tata kelola kita secara umum baik juga,” tambah Juanda.  

Bupati Gianyar, A A Gde Agung Bharata mengatakan, pengawasan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah merupakan proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang – undangan. Pemberian penghargaan kepada OPD terbaik di Kabupaten Gianyar ini, sebagai bentuk kebanggan dan rasa terima kasih kepada seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar atas antusiasme dan kerja sama yang baik dalam mewujudkan Good Governace dan Clean Government. “Penghargaan ini diberikan dengan harapan agar dapat memacu motivasi bagi entitas untuk lebih meningkatkan kulitas kerjanya secara berkelanjutan dalam meuwujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” terang Agung Bharata.