Diposting : 24 March 2018 13:55
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Jumpa Berlian - Suasana kegiatan 'Jumpa Berlian' di beberapa wilayah Desa/Kelurahan di Kota Denpasar, Jumat (23/3).
BALI TRIBUNE - Pemkot Denpasar melalui seluruh jajaran hingga ke Desa/Kelurahan secara berksenimabungan terus mengupayakan Kota Denpasar yang bersih. Berbagai terobosan terus dilaksanakan guna membangkitkan kesadaran semua pihak akan pentingnya kebersihan. Salah satunya adalah pelaksanaan kegiatan Jumat Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian) yang kini terus digalakan dan menjadi salah satu program kebersihan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.
 
Hal ini tampak saat pelaksanaan Jumpa Berlian di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Kota Denpasar. Salah satunya di Kawasan Jalan Noja, Banjar Bukit Buwung, Desa Kesiman Petilan yang merupakan bapak angkat kebersihan Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Jumat (23/3) lalu.
 
Kegiatan yang diikuti puluhan pegawai Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar ini dihadiri Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Humas Setda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana bersama Kepala Desa Kesiman Petilan Wayan Mariana didampingi Ketua BPD Kesiman Petilan AA Made Putra, Ketua LPM Desa Kesiman Petilan I Made Warkita.
 
Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Humas Setda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana saat diwawancarai disela-sela kegiatan kebersihan, mengatakan kegiatan Jumat Pagi Bersih Lingkungan ini merupakan salah satu program untuk mensinergikan program kebersihan lingkungan langsung ke masyarakat desa dan kelurahan. "Jumpa Berlian ini efektif sebagai media bagi Pemkot Denpasar dalam mensosialisasikan budaya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat, yang tujuannya tentu saja meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Denpasar,” jelasnya.
 
Sementara, Perbekel Kesiman Petilan, I Wayan Mariana mengatakan kegiatan Jumpa Pagi Bersih Lingkungan ini telah secara rutin dilaksanakan setiap hari jumat pagi. "Besar harapan saya kegiatan ini mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya budaya hidup sehat dan menjaga kebersihan, sekaligus membantu mensosialisasikan program-program Pemkot Kota Denpasar kepada masyarakat," ujarnya.
 
Disamping itu lanjut Mariyana, kerja bhakti ini dimaksudkan agar masyarakat berpartisipasi menjaga kebersihan serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebersihan. Kegiatan ini merupakan program Pemkot Denpasar, sehingga pihaknya harus menyampaikan kepada masyarakat agar merubah perilaku untuk menjaga kebersihan walaupun kegiatan ini sudah berjalan, “Saya akan lebih meningkatkan pemahaman kepada masyarakat, agar ikut serta menjaga kebersihan” ungkap Mariana.
 
Lebih lanjut dikatakan, dalam Jumpa Berlian terdapat beberapa pembagian yakni minggu pertama melibatkan semua banjar. Untuk minggu kedua melibatkan anggota PKK, dan minggu ketiga melibatkan sekaa teruna. Sedangkan untuk hari ke empat melibatkan masyarakat pada lingkungan masing-masing yang menggelar kerja bhakti. "Hal ini saya lakukan untuk pemerataan dan untuk masyarakat dapat semakin termotivasi akan pentingnya kebersihan itu,” paparnya.
 
Hal senada disampaikan, Lurah Sanur IB Raka Tisnu saat melaksanakan Jumpa Berlian di kawasan JalanDanau Buyan, Banjar Gulingan. Pihaknya mengaku saat ini masyarakat mulai memiliki kesadaran untuk turut andil dalam menjaga kebersihan. Hal ini tentu sangat baik untuk dilanjutkan, sehingga lambat laun rasa peduli masyarakat menjadi terbangun. “Selain efektif untuk menjaga kebersihan lingkungan, Jumpa Berlian juga efektif untuk mengedukasi anak-anak dan masyarakat sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan sehingga kesadaran masyarakat tentang kebersihan terus terbangun dan Denpasar bersih menjadi tanggung jawab bersama dapat terwujud,” pungkasnya.