Diposting : 6 September 2018 12:57
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Pertemuan - Perwakilan Dosen dan mahasiswa Tottori University, Jepang saat bertatap muka dengan Sekda Kota Denpasar, Rabu (5/9).
ALI TRIBUNE - Peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan Pemerintah Kota Denpasar melalui berbagai macam program berkelanjutan berlandaskan kebudayaan. Salah satunya menjajaki kerjasama dengan instansi pendidikan luar negeri.
 
Itu dapat dibuktikan pada Rabu (5/9) dosen dan mahasiswa Tottori University, Jepang, serta beberapa pendamping lainnya berkunjung ke Kantor Walikota Denpasar yang diterima langsung Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara didampingi Kadisdikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan dan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Made Widra.
 
Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara saat menjumpai para mahasiswa dari Jepang ini mengatakan bahwa antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah di Jepang telah mengadakan kerjasama di berbagai bidang semenjak enam tahun yang lalu. “Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi kerjasama yang dijajaki Pemerintah Kota Denpasar dengan Universitas Tottori University di bidang pendidikan dan kebudayaan ini. Kerjasama semacam ini sangat penting guna menunjang peningkatan mutu pendidikan di Kota Denpasar yang menjadi dasar pembangunan Kota Denpasar,” ujar Rai Iswara.
 
Pendiri Mataken Gakko, I G.K. Pujawan yang turut mendampingi perwakilan Tottori University mengatakan  kerja sama antara instansi pendidikan di Kota Denpasar dengan Jepang diharapkan akan berjalan semakin erat karena berbagai universitas yang ada di Jepang semakin tertarik datang ke Denpasar untuk memberikan kursus Bahasa Jepang kepada masyarakat. “Kali ini Dosen dan Mahasiswa Universitas Tottori yang berkesempatan berbincang dengan Sekda Rai Iswara adalah Dosen Sugimoto Joji dan Mahasiswa Shigematsu Rika serta Terada Mayu. Jalinan kerja sama ini bisa semakin erat tentunya tak terlepas karena dukungan Pemkot Denpasar,” ujar Pujawan
 
Lebih lanjut Pujawan mengatakan, selain mengajar Bahasa Jepang mereka juga mempelajari kebudayaan Bali.Dengan mengetahui kebudayaan Bali secara mendalam mereka bisa mempublikasikan atau memeperkenalkan  di daerah asalnya sehingga wisatawan dari Jepang banyak yang berkunjung ke Kota Denpasar” ungkapnya.
 
Sementara, Ketua Dewan Pendidikan Kota Denpasar, Prof. Dr. Ir. Putu Rumawan Salain, M.Si.mengatakan pihak Tottori University telah beberapa kali melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan di Kota Denpasar. Kedatangan pihak Tottori University ini menjadi kesempatan emas bagi instansi pendidikan di Kota Denpasar untuk bertukar pikiran dan gagasan mengenai pendidikan dan kebudayaan. Kerjasama ini dapat dijadikan aset untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Denpasar. “Mahasiswa – mahasiswa yang dari Jepang ini akan tinggal beberapa hari di Kota Denpasar dan mengajarkan secara gratis bahasa serta kebudayaan Jepang melalui lembaga kursus Bahasa Jepang Mataken Gakko,” ungkap Rumawan Salain.
 
Salah satu mahasiswa Universitas Tottori, Shigematsu Rika mengaku sangat antusias dapat mengikuti program mengajar di Kota Depasar ini. “Masyarakat Kota Denpasar saya lihat sangat ramah dan bersahabat. Tentu pengalaman berada disini sangat berharga bagi saya” ujarnya.