Bali Tribune, Senin 23 April 2018
Diposting : 17 April 2018 00:25
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
DIBUKA - Pedaftaran mahasiswa baru Poltek KP Jembrana kembali dibuka dengan kouta 40 persen bagi pemuda Jembrana melalui jalur khusus.

BALI TRIBUNE - Bagi putra-putri Jembrana, khususnya siswa kelas XII SMA/SMK, yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi serta memiliki keahlian di dunia bahari, kini tidak perlu lagi menuntut ilmu keluar daerah. Sejak tahun lalu, puluhan putra-putri Jembrana telah melanjutkan kuliah di Poltek KP Jembrana.

Tahun ini Poltek KP Jembrana kembali menerima mahasiswa baru. Lulusan SMA/SMK yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang digagas Pemkab Jembrana serta dukungan penuh Kementerian Kelautan Perikanan RI ini mulai tahun ini akan menempati kampus baru di atas lahan seluas 19ha di Desa Pengambengan Kecamatan Negara.

Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana Made Dwi Maharimbawa mengatakan aktiftas kampus Poltek KP Jembrana dirancang dengan sistem boarding school (asrama). Menurutnya, Poltek KP yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini sebelumnya sudah merekrut mahasiswa dengan tiga program studi yakni perikanan tangkap, pengolahan hasil laut dan budidaya ikan. Perkuliahan menggunakan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory. Pendidikan vokasi dicirikan dengan 70 persen praktek dan 30 persen teori, sehingga nantinya lulusan dari politeknik ini memperoleh gelar Ahli Madya Perikanan (A.Md.Pi) akan siap bersaing dalam dunia kerja.

Berkaca dari penerimaan tahun sebelumnya yakni pada angkatan pertama yang hanya diikuti oleh 75 orang mahasiswa, kini pihaknya berharap pada tahun ini jumlah masasiswa asal Jembrana akan meningkat dan akan lebih banyak putra-putri SMA/SMK asal Jembrana yang memanfaatkan jatah 40 persen melalui penerimaan calon mahasiswa melalui jalur khusus. "Pada tahun pertama Poltek KP Jembrana sudah merekrut 75 mahasiswa. Kita berharap untuk tahun ini lebih banyak lagi warga Jembrana yang mendaftar, mengingat kita memiliki kuota sebanyak 40 persen bagi pemuda asli Jembrana yang hendak kuliah melalui jalur khusus," terangnya.

Untuk saran prasarana perkuliahan, termasuk gudung kampus, pihaknya memastikan seluruh pembangunan gedung Poltek KP Jembrana yang dibangun di Banjar Ketapang Muara, Desa Pengambengan, Negara bisa rampung dan rencananya nantinya akan diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti pada tahun ini, sehingga mahasiswa baru termasuk mahasiswa tahun sebelumnya akan mulai menempati gedung baru ini pada bulan Oktober mendatang. “Target pada bulan Oktober 2018 sudah bisa diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti. Dengan demikian mahasiswa baru tidak perlu kuliah  magang lagi di Sidoarjo seperti angkatan tahun pertama,” jelasnya.

Bagi putera-putri Jembrana yang ingin melanjutkan perguruan tinggi tidak perlu lagi harus keluar daerah dan setelah lulus siap mengelola potensi perikanan di Jembrana karena dikatakannya Poltek KP menghasilkan lulusan Ahli Madya Perikanan yang kompeten, inovatif, memiliki jiwa wirausaha dan berintegritas untuk membangun perikanan dan kelautan nasional. Bagi calon mahasiswa yang tertarik,bisa mendaftar secara online melalui  www.pusdik.kkp.go.id/psbatau datang langsung ke Dinas Perhubungan Kelautan Perikanan Kabupaten Jembrana di Jl. Mayor Sugianyar Komplek Civic Center Pecangakan Negara, Depan  SMA2 Negara.