Diposting : 25 November 2017 12:18
Ketut Sugiana - Bali Tribune
ternak
Keterangan Gambar: 
PENGHARGAAN - Bupati Suwirta hadiri penghargaan lomba ternak sapi se kecamatan Nusa Penida).

BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Gede Juanida beserta undangan terkait lainnya dalam menghadiri acara Penyerahan hadiah dan penghargaan lomba ternak sapi Bali seKecamatan Nusa Penida bertempat di Simantri 613 Kelompok Tani Moncong Karya Bersatu Desa Batumadeg Kecamatan Nusa Penida, Kamis (23/11).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Gede Juanida menyatakan Lomba ternak sapi Bali seKecamatan Nusa Penida dilaksanakan dalam rangka mensinergitaskan antara sektor pariwisata dengan sektor peternakan. Dengan tujuan antara lain memotivasi peternak sapi/masyarakat untuk tetap eksis pada sektor peternakan, dan memotivasi peternak agar lebih meningkatkan usaha manajemen dan budidaya sapi Bali di Kecamatan Nusa Penida, serta  Menggemakan program ayo beternak di kecamatan Nusa Penida. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 5 oktober 2017, Lomba diikuti oleh 75 peserta, dengan rincian 35 peserta mengikuti lomba untuk kualifikasi ternak sapi bibit, 40 peserta mengikuti kualifikasi ternak sapi induk. Kriteria perlombaan meliputi Kaspek Kualitatif, kuantitatif, reproduksi, dan kesehatan dari sapi bali tersebut.

Sebelum menyampaikan Sambutan, Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Gede Juanida menyerahkan Hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba ternak sapi Bali.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyatakan lomba yang dilaksanakan ini sebagai implementasi dari SK Menteri Pertanian nomor 348/Kpts/PK020/5/2016 yang menetapkan bahwa nusa penida sebagai wilayah sumber bibit sapi bali. Bupati Suwirta berharap dengan ditetapkannya Nusa Penida sebagai Wilayah Bibit sapi bali, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Nusa Penida. Bupati meminta para penyuluh dan pendamping simantri harus mempunyai data yang lengkap, serta kepada para pendamping dan PPL, Bupati Suwirta juga  meminta agar mengadakan kerja sama dengan Universitas Udayana dan Kementerian Pertanian dalam upaya melestarikan sapi Bali.

Bupati Suwirta juga mengharapkan Para penyuluh diharapkan bersama-sama dengan PPL Di Nusa Penida untuk membuat Masterplan di bidang Pertanian dan Peternakan. Kepada pengurus kelompok, peternak Bupati Suwirta berharap agar memfokuskan keinginan untuk menjadi peternak yang baik. Bupati Mengharapkan kedepannya agar sektor peternakan dapat berkolaborasi dengan sector pariwisata. Bupati Suwirta mengharapkan Output dari keluarnya SK Menteri Pertanian ini yakni kelompok Sapi di Nusa Penida agar bisa aktif kembali bersemangat menjadi peternak yang nantinya dapat menghasilkan induk dan bibit yang bersertifikat dengan outcome mampu meningkatkan kesejahteraan  para peternak. Bupati Suwirta meminta Para pendamping  membuat grafik untuk mengukur seberapa jauh kesejahteraan masing-masing para peternak yang  didampingi, dan agar data yang disampaikan merupakan data yang sebenarnya sehingga Pemerintah Provinsi bisa melakukan evaluasi kedepannya, apabila ditemukan penurunan tingkat kesejahteraan Peternak.