Diposting : 3 October 2018 00:02
I Made Darna - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bupati Giri Prasta racik kopi di hari Kopi Sedunia di Puspem Badung, kemarin.
BALI TRIBUNE - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ngopi bareng bersama ribuan pegawai di lingkungan Pemkab Badung, Senin (1/10) kemarin. Ngopi bareng ini serangkaian peringatan Hari Kopi Sedunia di Kabupaten Badung. Dalam acara tersebut, Giri Prasta bahkan langsung menjadi ‘barista’ dan meracik kopi untuk para pencinta kopi.
 
Bupati juga berkesempatan mencoba untuk mendemokan menggiling kopi (Grending) sekaligus menyeduh kopi secara manual.
 
Adapun kopi yang disajikan dalam “pesta” kopi tersebut adalah kopi hasil dari petani lokal Kabupaten Badung. “Sebagai salah satu pecinta kopi, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujar Giri Prasta.
 
Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih kepada BPD Bali sebagai sponsor utama dalam kegiatan ini serta Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Badung yang telah mengakomodir event ini. Dijelaskannya, Kabupaten Badung sudah bekerjasama dengan Pemkab Bangli yang sudah memiliki pabrik kopi, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat Badung Utara agar kembali mempertahankan komoditas yang sudah ada dan mengadakan yang belum ada, Dinas terkait juga diminta untuk konsen. "Masyarakat petani kita harus mampu kita bela dan kita harus mampu beli, agar petani kita bangga menjadi petani," terangya.
 
Sementara itu Plt Kadis Pertanian dan Pangan Putu Oka Swadiana mengatakan peringatan hari kopi sedunia ini baru pertama kali digelar di Bali dan Badung yang kebetulan bertalian dengan hari Kesaktian Pancasila. "Kegiatan ini kami laksanakan dengan memberikan 1000 cup kopi gratis kepada masyarakat dan karyawan-karyawati Pemkab Badung," jelasnya.
 
Kopi di Badung sebagian besar ada di Kecamatan Petang dengan varietas jenis Arabika yang sudah di ekspor ke beberapa negara di belahan dunia. Indonesia sebagai penghasil kopi ke-4 di dunia dan untuk di Kabupaten Badung sendiri rata-rata memproduksi 800 ton per tahun. 
 
Maksud dan tujuan peringatan hari kopi sedunia ini diantaranya membuat satu hari perayaan bagi pecinta kopi dilingkup Pemkab Badung, meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi di Kabupaten Badung, mempromosikan kopi Badung, serta mensejahterakan petani kopi di Badung.