Diposting : 18 August 2019 18:26
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/jok. Sebanyak 17 personel gabungan dari para penyelam juga karyawan BMW dan SHBC menggelar upacara sekaligus membentangkan bendera Merah Putih di dasar laut Nusa Lembongan untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/08/2019).

Balitribune.co.id | DENPASAR - Mewujudkan semangat nasionalisme, belasan penyelam dan karyawan Bali Marine Walk (BMW) dan Sammada Hotel & Beach Club (SHBC) memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 dengan cara unik, kreatif, dan inspiratif, yaitu menggelar upacara bendera sekaligus membentangkan Sang Merah Putih di dasar laut Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Sabtu (17/08/2019) pagi.

“Bagi kalangan perusahaan watersport, termasuk para penyelam yang ada di Nusa Lembongan, kegiatan upacara dan pembentangan bendera Merah Putih di dasar laut ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya,” ujar Sales & Head Corporate Manager BMW dan SHBC Ketut Suastika, didampingi Manajer Operasional Lembongan Wayan Suantara.

Pelaksanaan upacara bendera hasil kolaborasi karyawan BMW dan SHBC ini patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak yang terkait dalam mewarisi semangat perjuangan para Pahlawan Kemerdekaan RI. Pasalnya, selain sebagai wujud untuk mengekspresikan sikap nasionalisme juga merupakan upaya nyata dalam mempromosikan dan melestarikan keindahan panorama alam bawah laut, serta menjaga ekosistem, habitat, dan biota laut juga terumbu karang di dasar laut Nusa Lembongan.

Bertepatan dengan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, sebanyak 17 personel gabungan dari para penyelam juga karyawan BMW dan SHBC, Sabtu pagi tepat pukul 08.00 Wita menorehkan sejarah, yaitu menggelar upacara 17 Agustusan dan pembentangan bendera Merah Putin berukuran (3x4,5) meter persegi di dasar laut Nusa Lembongan pada kedalaman 5 meter dari permukaan air laut selama 17 menit. Disaksikan puluhan pasang mata dan berseliweran beragam jenis biota laut, pelaksanaan upacara bendera itu berlangsung khidmat, aman, dan lancar.

 “Meski terendam dinginnya air laut selama belasan menit, para penyelam yang mengenakan seperangkat alat selam dan bertugas membentangkan Sang Merah Putih, maupun peserta upacara lainnya yang dilengkapi peralatan khusus untuk bisa menyelam, tampak sangat antusias dan bersemangat mengikuti komando melalui kode isyarat gerakan tangan komandan upacara. Kami merasa puas dan bangga bisa melaksanakan upacara bendera kali ini,” kata Wayan Suantara, sembari menambahkan, para peserta upacara juga membentangkan banner yang bertuliskan, “Dirgahayu Republik Indonesia ke-74”.

Ungkapan senada juga dilontarkan Ketut Suastika, seraya berharap dan berjanji, dalam pelaksanaan upacara serupa di tahun depan akan lebih banyak lagi peserta upacara yang bisa dilibatkan. Pihaknya juga berencana segera berkoordinasi dengan unsur TNI, Polri, Pemda, dan sejumlah tokoh dari berbagai kalangan dan komunitas. (*)