Diposting : 14 June 2019 23:51
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ KEHORMATAN - Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose menerima baju kebesaran kempo dari Ketua Harian Perkemi Bali Fredrik Billy.
balitribune.co.id | Denpasar - Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali bekerja sama dengan Polda Bali menggelar Kejuaraan Shorinji Kempo Open Kapolda Cup 2019 di GOR Lila Bhuana Denpasar, 29-30 Juni 2019.
 
Ketua Harian Perkemi Bali, Fredrik Billy, Kamis (13/6) mengatakan Kejuaraan Shorinji Kempo Open Kapolda Cup 2019 merupakan hasil sinergi pihaknya dengan Polda Bali dalam rangka  pembinaan generasi muda di bidang olahraga.
 
“Pengurus Perkemi Bali sudah beraudiensi dengan Bapak Kapolda Bali Dr Drs Petrus Reinhard Golose MM, dan beliau menyambut antusias rencana kejuaraan tersebut,” ujar Fredrik Billy sembari menambahkan bahwa Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose banyak tahu tentang ilmu beladiri kempo.
 
Billy yang juga Bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu menargetkan kejuaraan nanti diikuti maksimal 400 kenshi dari seluruh Bali, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan kenshi dari Nusa Tenggara Timur. Selain berusia 17 tahun ke atas, setiap peserta wajib melampirkan bukti yang sah seperti akta kelahiran, surat kenal lahir atau bukti lainnya.
 
Lebih penting lagi, lanjut Billy yang juga seorang lawyer ini, peserta nanti mempunyai tingkat minimal II  Kyu dan maksimal III DAN serta tercatat minimal 1 (satu) tahun secara terus-menerus berdomisili di daerah yang mengutusnya.
 
Kejuaraan mempertandingkan 23 nomor dan kelas, terdiri dari randori, embu berpasangan dan embu beregu putra dan putri. Untuk putra terdiri dari randori  kelas 50 kg, 55 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg, 75 kg dan randori 75 kg ke atas. Sedangkan untuk embu putra terdiri dari embu berpasangan Kyu Kenshi, embu berpasangan I DAN, embu berpasangan II/III DAN, dan embu beregu.
 
Sementara di bagian putri mempertandingkan randori kelas 45 kg, 50 kg, 55 kg, 60 kg, dan randori kelas 65 kg. Sedangkan nomor embu putri meliputi nomor embu berpasangan Kyu Kenshi, embu berpasangan I DAN, embu berpasangan II/III DAN, dan embu beregu. Selain itu untuk nomor pertandingan campuran terdiri dari embu berpasangan campuran Kyu Kenshi, embu berpasangan Campuran Yudansha dan embu beregu campuran (kerapian teknik).
 
Fredrik Billy mengatakan, hasil audiensi juga menjadikan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose sebagai Ketua Dewan Kehormatan Perkemi Bali, dan secara simbolis pengurus memberikan dogi (baju latihan), Kromo (baju kebesaran kempo) dan hoi (ikat pinggang) kepada Kapolda.
 
“Beliau menerima dengan senang hati dan akan membantu Perkemi Bali di dalam  memajukan cabor ini di tingkat nasional, termasuk juga pembinaan generasi muda terhadap olahraga kempo,” demikian Fredrik Billy.