Bali Tribune, Jumat 22 Juni 2018
Diposting : 22 April 2017 13:04
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
PARIWISATA
Keterangan Gambar: 
PENGHARGAAN - Penghargaan World’s Best Destination diterima secara langsung oleh Pemerintah Provinsi Bali, Kamis (20/4) di Seminyak.

BALI TRIBUNE - BALI kembali mendapatkan kehormatan atas terpilihnya sebagai destinasi terbaik dunia (World’s Best Destination pada tahun 2017 ini. Penghargaan atau award tersebut dinobatkan kepada destinasi Bali karena jutaan wisatawan memilih Bali sebagai destinasi nomor satu di dunia pada “Traveller Choice Award 2017 yang diselenggarakan situs TripAdvisor.

Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Head of Destination Marketing for TripAdvisor Asia Pacific, Sarah Mathews kepada Pemerintah Provinsi Bali di Seminyak, Badung, Kamis (20/4). TripAdvisor Trevellers Choice Award 2017 merupakan bentuk apresiasi yang digagas oleh situs wisata kepada para pelaku, penggiat dan stakeholder diberbagai belahan dunia atas upaya mengembangkan sektor tersebut. Sarah menjelaskan pemenang penghargaan ini dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat oleh wisatawan di seluruh dunia dalam kurun waktu 12 bulan.

Pemilihan penghargaan itu menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian objektif pada setiap kategori penghargaan. “Bali merupakan tujuan wisata dengan pengalaman terbaik bagi berbagai jenis wisatawan, baik alam, budaya, maupun gastronomi sehingga tak aneh jika mereka ingin berbagi pengalaman ini kepada dunia,” jelas Sarah kepada awak media.

Diungkapkannya, secara global ulasan dan opini yang objektif di situs TripAdvisor telah melampaui 500 juta dengan 290 konten per menit setiap harinya dan juga melibatkan perencanaan perjalanan situs pemesanan serta aplikasi selular. Jika dilihat dari sisi ulasan terkait Bali di situs tersebut juga terjadi pertumbuhan dari tahun 2015-2016 pada 3 kategori utama yaitu akomodasi 25 persen, daya tarik 38 persen, restoran 38 persen.

“Data-data menunjukkan adanya ketertarikan yang berkelanjutan dari masyarakat global terkait pariwisata Bali secara keseluruhan,” kata Sarah. Menurutnya, negara terbanyak yang mencari informasi mengenai Bali di situs itu diantaranya adalah China (Tiongkok) dengan pertumbuhan 73 persen terhitung dari tahun 2015-2016, ikuti oleh Belanda 57 persen dan India 37 persen.

Sementara itu, Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana mengatakan penghargaan Bali sebagai destinasi terbaik dunia ini akan semakin memperkuat posisi Indonesia yang mengedepankan pariwisata. Di samping itu kata dia, penghargaan tersebut mendukung upaya Pemerintah Indonesia mencapai 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 mendatang.

Disebutkan Pitana bahwa Bali adalah destinasi pertama di Asia yang meraih posisi puncak sebagai World’s Best Destination dan menyingkirkan 418 destinasi unggulan lain diseluruh belahan dunia.