Bali Tribune, Rabu 23 Agustus 2017
Diposting : 9 August 2017 20:16
Ketut Sugiana - Bali Tribune
gerak jalan
Keterangan Gambar: 
Antusiasme peserta gerak jalan putra meningkat mengikuti lomba

BALI TRIBUNE - Ribuan orang berseragam olahraga memenuhi depan Puri Agung Klungkung, Selasa (8/8). Mereka adalah peserta gerak jalan kategori Umum Putra dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan didampingi Wabup Made Kasta, ke-81 regu peserta yang masing masing terdiri dari 17 orang ini menempuh jarak sejauh 17 kilometer.

Menurut Sutarmajaya, salah seorang panitia lomba, peserta tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. “Peserta meningkat dua kali lipat, ini menandakan antusiame masyrakat untuk memeriahkan HUT RI ke-72 sangat tinggi,” ujar Sutarmajaya dan menambahkan peserta dibedakan menjadi tiga kategori yaitu tingkat SMA/SMK diikuti 31 regu, kategori ormas dan karang taruna (10 regu), dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 40 regu.

Kriteria penilaian yaitu kerapian, semangat, waktu, keseragaman gerak serta keseragaman pakaian. Para juri penilai yang berjumlah lima kelompok disebar sepanjang rute perlombaan. Rute diawali di depan Puri Agung Klungkung menuju timur, di Catus Pata belok ke kiri menuju utara, sampai di Kantor Camat Klungkung selanjutnya belok ke kiri menuju Besang, belok ke kiri menuju Banjar Pegending, lanjut belok kekanan menuju Desa Penasan dan Tihingan.

Dari Tihingan kemudian menuju ke arah Banda dan Museum Gunarsa, lanjut ke timur menuju Balai Desa Takmung  ke arah Desa Gelgel, lalu belok ke utara menuju Desa Kamasan, setelah sampai di Br. Sangging Desa Kamasan lanjut belok ke kanan menuju jalan rama, kemudian belok kiri menuju trafick light Br. Pande Galiran. Dari sini Banjar Pande Galiran ke arah utara menuju Catus Pata, dan berakhir di depan Puri Agung Klungkung.    

Pemenang juara I Kategori Siswa SMA/K Putra dimenangkan SMAN 2 Semarapura, Juara I kategori OPD Putra dimenangkan Guru/Pegawai SMAN 2 Semarapura, serta Juara I Kategori Ormas Karang Taruna dimenangkan oleh Karang Taruna Kelurahan Semarapura Kauh.

Sehari sebelumnya, Bupati Suwirta juga melepas gerak jalan tingkat SMP di tempat yang sama. Peserta yang mengikuti gerak jalan berjumlah 28 regu, terdiri dari berbagai  siswa SMP se-Kabupaten Klungkung menempuh jarak sejauh 8 km.