Diposting : 22 August 2019 17:22
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ Putu Parwata, Wayan Suyasa dan Made Sunarta
balitribune.co.id | Mangupura - Tiga pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung masa jabatan 2019-2024 dilantik atau diambil sumpah janjinya, Kamis (22/8) hari ini melalui Rapat Paripurna Istimewa yang dilangsungkan di Ruang Sidang Utama Gosana Kantor DPRD Badung.
 
Yang menarik, dari tiga petinggi parlemen Badung, posisi Wakil Ketua I DPRD Badung akan diisi wajah baru untuk lima tahun ke depan. Dia adalah I Wayan Suyasa politisi Partai Golkar. Sedangkan untuk, posisi Ketua DPRD yang nota bene jatah PDIP sebagai partai pemenang masih mempercayakan Putu Parwata sebagai pemegang ‘palu’ Dewan Badung. Begitu juga untuk Wakil Ketua II DPRD Badung tetap dijabat Made Sunarta dari politisi Demokrat.
 
Sekadar diketahui, Putu Parwata adalah Sekretaris DPC PDIP Badung yang dipercaya menjabat Ketua DPRD Badung periode 2014-2019. Kemudian, I Wayan Suyasa periode sebelumnya duduk sebagai Ketua Komisi I. Sementara I Made Sunarta secara berturut-turut menduduki Wakil Ketua II DPRD Badung tiga periode sekaligus.
 
Sekretaris Dewan (Setwan) Badung I Nyoman Predangga, saat dikonfirmasi, Rabu (21/8) mengungkapkan jadwal pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Badung akan dilakukan pada pukul 09.00 Wita. Rangkaiannya dimulai dengan upacara mejaya-jaya di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung.
 
“Tidak jauh berbeda dengan pelantikan anggota Dewan Badung sebelumnya. Jadi, kita mulai besok pukul 09.00 Wita dengan upacara mejaya-jaya, baru prosesi pengucapan sumpah janji,” terang Predangga.
 
Walau sama-sama digelar melalui Rapat Paripurna Istimewa, namun pelaksanaannya lebih sederhana. Tamu undangan juga lebih sedikit. “Untuk undangan hampir sama, seluruh pimpinan terkait hingga keperangkat desa/kelurahan. Namun, jumlahnya saja yang lebih sedikit,” kata birokrat asal Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan ini.
 
Disinggung apakah pimpinan dewan yang akan diambil sumpah janji mengenakan busana adat Bali? Predangga mengiyakan. “Iya, rapat paripurna istimewa besok (hari ini) mengenakan pakaian Adat Bali. Tamu undangan juga mengenakan pakaian Adat Bali,” tandasnya.
 
Seperti diketahui, sebelumnya baik Parwata, Suyasa, dan Sunarta, telah melakukan sumpah janji sebagai anggota DPRD Badung masa jabatan 2019-2024 pada Senin (5/8) lalu. Pengambilan sumpah dan janji yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Denpasar. (u)