Diposting : 14 September 2017 20:21
Redaksi - Bali Tribune
DONOR DARAH
Keterangan Gambar: 
DONOR DARAH - Antusias peserta donor darah di di Aula Kantor Camat Gianyar, Rabu (13/9).

BALI TRIBUNE - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72,  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gianyar menggelar Lomba Donor Darah  antar Kecamatan se-Gianyar. Lomba yang dilaksanakan secara bergiliran dimulai dari Kecamatan Gianyar. Sejumlah masyarakat se-Kecamatan Gianyar antusias berpartisipasi menjadi peserta Lomba Donor Darah di Aula Kantor Camat Gianyar,  Rabu (13/9).

Camat Gianyar, Ketut Suastika yang ikut serta mendonorkan darahnya mengatakan, peserta lomba yang menjadi donor darah wajib diperiksa kesehatannya. Suastika mengharapkan kepada masyarakat untuk rutin mendonorkan darahnya, bukan hanya di saat lomba, karena donor darah adalah kegiatan kemanusiaan yang mulia untuk membantu sesama.

Menurut Ketua PMI Kabupaten Gianyar Dr. Cokorda Gde Wisnu Parta, HUT Palang Merah Indonesia yang ke 72 yang jatuh pada tanggal 17 September 2017 bertema: “72 Tahun PMI Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan”, PMI Kabupaten Gianyar menggelar  berbagai kegiatan, seperti lomba donor darah sukarela terbanyak.
“Kegiatan lomba donor darah antar kecamatan untuk meningkatkan kapasitas PMI Kabupaten Gianyar dalam perekrutan dan pelestarian peserta donor darah sukarela. Disamping itu, kegiatan ini juga sebagai media sosialisasi kegiatan Kepalang Merahan”, jelasnya. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan pedoman ke depan bagi PMI Kabupaten Gianyar untuk bisa semakin meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat di Bidang Sosial Kemanusiaan.

Sekretaris PMI Kabupaten Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa Pemayun mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa sosial kemanusiaan bagi masyarakat Gianyar pada umumnya dan para Sukarelawan donor darah pada khususnya melalui pengenalan lewat Lomba Pengambilan peserta donor darah sukarela antar kecamatan Se-Kabupaten. “Kegiatan ini sebagai media mensosialisasikan kegiatan Kepalang Merahan untuk masyarakat di Kabupaten Gianyar  dan meningkatkan minat masyarakat dalam rangka menjadi peserta donor darah  ungkap Cok Rai yang juga Kadis Kominfo Kabupaten Gianyar.

Dr. I Made Suwita, M.Kes. Wakil Ketua III  PMI Gianyar yang membidangi Transfusi Darah mengatakan, pada intinya tujuan dari Transfusi Darah untuk meningkatkan oksigenasi Jaringan, memperbaiki hemostasis, Mengoreksi hipovolemia, meningkatkan fungsi lekosit. Sehingga nantinya dapat bermanfaat memberikan manfaat  yang sebesar besarnya bagi kemanusiaan untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. “Donor darah selain membantu sesama juga untuk meregenerasi sel-sel darah yang sangat penting untuk kesehatan diri sendiri, pungkasnya.

Selain lomba donor darah antar kecamatan, semarak  HUT ke-72 PMI di Kabupaten Gianyar juga digelar berbagai kegiatan, antara lain, Lomba mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak, Safari Kesehatan yang didukung PLN Gianyar dan FIF Gianyar, Sosialisasi Kepalang Merahan dan lainnya.