Diposting : 18 July 2016 14:03
redaksi - Bali Tribune
bali united
Keterangan Gambar: 
Selebrasi punggawa Bali United saat di kandang sendiri.

Denpasar, Bali Tribune

Bali United berhasil meraih poin penuh setelah menang tipis 1-0 atas tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin Minggu (17/7). Gol tunggal tim besutan Indra Sjafri ini tercipta pada menit ke-90 melalui tendangan jarak jauh Loudry Meilana.

Turun dengan formasi 4-3-3, Serdadu Tridatu mampu meredam gempuran tuan rumah. Ini tak lepas dari permainan apik yang ditampilkan duet Hendra Sandi dengan Komang Adi Parwa di lini tengah.

Menit ke-8, tekanan Barito Putera melalui Paulo Sitanggang berhasil dimentahkan bek tengah Bali United asal Padang, Bobby Satria. Menit-menit awal, duet Bobby-Agus Nova di barisan pertahanan masih cukup bagus. Beberapa kali Bobby menghalau serangan seperti terlihat di menit ke-11. Umpan silang Adam Alis masih bisa dihalaunya.

Kecemerlangan juga ditunjukkan Agus Nova setelah mampu meredam pergerakan Luis Carlos Junior di menit ke-23. Hingga menit ke-38, pola serangan Bali United yang dibangun oleh Yabes Roni masih belum menemui titik temu. Justru penyerang Bali United, Alsan Sanda harus mendapatkan kartu kuning setelah melanggar salah seorang pemain Barito Putera di menit ke-40.

Berselang dua menit, penyerang asal NTT tersebut terpaksa diganti Martinus Novianto untuk menambah daya gedor Serdadu Tridatu. Babak pertama, meski  coach Indra mengganti Hendra Sandi oleh Loudry Meilana, namun skor 0-0 tak berubah.

Awal babak II, tepatnya menit ke-48 Barito Putera besutan pelatih Mundari Karya nyaris mencetak gol melalui tendangan keras Paulo Sitanggang. Sayang masih melebar tipis dari gawang Rully Desrian.

Babak kedua justru tempo permain lebih cepat. Terlihat kedua tim ingin mencetak gol. Agus Nova lagi-lagi menjadi pembeda dan momok bagi Barito Putera. Menit ke-54, tusukan Luis Junior mampu diredam dengan tenang oleh bek Bali United tersebut.

Menit ke-57, pergantian terakhir bagi Bali United setelah Binter Wirahadi masuk menggantikan Yabes Roni. Terlihat jual beli serangan terus dilakukan kedua tim. Menit ke-69, sepak pojok Fadil Sausu hampir saja membuat Bali United unggul. Namun sayang, Binter Wirahadi yang sudah berdiri bebas gagal menjangkau bola.

Tampaknya, kehilangan Ahn Byung Keon dan Kiko Insa di lini pertahanan, membuat duet Bobby dan Agus Nova bisa memainkan peran cukup sentral. Terbukti beberapa kali mereka bisa mengawal pertahan dengan disiplin.

Akhirnya gol tercipta di menit-menit akhir pertandingan. Adalah Loudry Meilana yang berhasil melesakkan tendangan jarak jauh yang tidak bisa duhalau kiper Aditya Harlan di menit ke-90. Bali United akhirnya memetik poin tiga di kandang lawan.

Laga selanjutnya, Bali United akan menjamu Mitra Kukar tanggal 23 Juli mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Untuk sementara Bali United mengoleksi 15 poin dan berada di posisi ketujuh klasemen sementara ISC A 2016.