Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 13 September 2017 18:43
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Porprov Bali XIII/2017
Keterangan Gambar: 
DIARAK - Wagub Ketut Sudikerta menyerahkan Api Porprov Bali XIII/2017 kepada Ketum KONI Bali Ketut Suwandi, di Pura Hyang Api Desa Kelusa, Gianyar, Selasa (12/9) untuk selanjutnya diarak keliling Bali.

BALI TRIBUNE - Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali yang telah memasuki ke-13 kalinya, mampu menambah berdirinya venue-venue olahraga, karena tidak mungkin gelaran dua tahunan yang digilir ke kabupaten dan kota ini, bisa dihelat tanpa sarana olahraga.

"Tersedianya sarana dan prasarana olahraga akan memotivasi masyarakat gemar berolahraga, sehingga pengembangan dan pembinaan prestasi olahraga semakin meningkat," kata Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat pengambilan Api Porprov Bali XIII di Pura Hyang Api, Desa Kelusa, Kabupaten Gianyar, Selasa (12/9).
Menurut dia, Pemprov Bali pun tengah berusaha membangun stadion bertaraf internasional, sehingga ke depan masyarakat Bali bisa terfasilitasi dengan baik dalam kegiatan berolahraga sekaligus bisa menarik minat wisatawan.
 
"Melalui porprov ini juga dapat dilakukan evaluasi integral dalam upaya pembinaan olahraga atau sebagai titik kulminasi dari upaya pembinaan secara menyeluruh, mulai dari pembangkit minat, pembinaan yang berkesinambungan sampai pada pencapaian prestasi puncak," ucapnya.
Dia menambahkan, apabila berpedoman prestasi Bali pada PON XIX/2016 Jawa Barat, Bali berhasil menempati posisi 6 dari 34 provinsi di Tanah Air. Sudikerta menilai prestasi ini sudah sangat membanggakan.
 
Dirinya berharap para atlet Bali bisa meningkatkan prestasi tersebut atau minimal mempertahankannya pada PON XX/2020 Papua. Karenanya ia minta KONI Bali mulai dini menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk menunjang prestasi di PON Papua mendatang.
"Kami tahu bersama daerah-daerah lain juga berusaha meningkatkan prestasi atlet. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh komponen keolahragaan di Bali untuk terus meningkatkan prestasi," ujarnya.
Ketua KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan Porprov Bali tahun ini akan dibuka pada 17 September mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Namun ada banyak cabor yang telah digelar sebelum pembukaan, bahkan sudah selesai seperti basket dan tarung derajat.

Terkait Api Porprov, Suwandi mengatakan akan dikirab mengelilingi kabupaten/kota se-Bali, dan diakhiri dengan disemayamkan di Kantor Bupati Gianyar. Pada 17 September 2017, api tersebut akan dikirab di Stadion I Wayan Dipta Gianyar.