Bali Tribune, Sabtu 18 November 2017
Diposting : 29 August 2017 17:58
redaksi - Bali Tribune
pujawali
Keterangan Gambar: 
Sekda I Gede Adnya Mulyadi didampingi Ny. Wiwiek Adnya Mulyadi serta sejumlah pejabat di Pemkab Karangasem ngaturang bakti penganyar serangkaian pujawali di Pura Luhur Giri Selaka Alas Purwo, Banyuwangi Jawa Timur, Sabtu (26/8) malam lalu.

BALI TRIBUNE - Bertepatan dengan Rahina Pagerwesi pada Buda Kliwon Sinta, Rabu (23/8) lalu berlangsung Pujawali di Pura Luhur Giri Selaka Alas Purwo, Banyuwangi Jawa Timur.  Serangkaian dengan pelaksanaan ritual dimaksud, Pemkab Karangasem pada rahina Saniscara Pon Sinta atau Sabtu (26/8) lalu ngaturang bakti penganyar ke pura tersebut.

Bakti Penganyar yang difasilitasi Bagian Kesra Setda Karangasem itu dipimpin Sekdakab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi didampingi Ny. Wiwiek Adnya Mulyadi,Asisten,Staf Ahli Bupati dan seluruh Kepala OPD beserta staf di jajaran Pemkab. Karangasem.

Prosesi diawali dengan menghaturkan bebantenan kepada Ida Bhatara yang berstana di Pura Luhur Giri Selaka Alas Purwo agar diberikan anugrah, kedamaian dan keselamatan.

Di Pelataran Pura Luhur Giri Selaka pemedek dari Kabupaten/Kota di Bali melaksanakan pamuspaan secara bertahap, dipimpin Jro Mangku setempat. Saat waktu menunjukkan pukul 19.30 WIB, Sekda Karangasem dan seluruh Kepala OPD beserta staf berbaur dengan masyarakat melaksanakan pemuspaan bersama diawali dengan Puja Tri Sandya.

Ritual dilanjutkan dengan ngaturang kramaning sembah dimana keseluruhan prosesi itu dipuput Ida Pedanda Gede Pinatih Pasuruan dari Gria Tengah Jungutan Karangasem.
Prosesi ini juga diiringi berbagi tarian dari sejumlah para seniman serta ditutup dengan tari Topeng Sidakarya.
Kabag Kesra Setda Karangasem I Gede Basma, menyampaikan bakti penganyar ini berbarengan pula dengan ritual Penyineban Ida Bhatara ring Pura Luhur Giri Selaka Alas Purwo.

Ia menambahkan, prosesi ini merupakan rangkaian dari kewajiban Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam memperkokoh spiritual umat melalui pelaksanaan ritual keagamaan.
 
Sementara Sekda Karangasem, I Gede Adnya Mulyadi, selepas pemuspaan mengapresiasi positif kegiatan itu. Menurut dia, bakti penganyar ini adalah wujud sradha bhakti sebagai umat Hindu untuk mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas karunia yang diberikan.
 
“Tujuannya mendoakan terciptanya kerahayuan jagat agar terhindar dari kali sengara lara roga seperti bencana alam serta berbagai bentuk penderitaan duniawi serta mensucikan bhuana agung dan bhuana alit agar senantiasa diberikan karunianya kepada umat manusia,” ucapnya. Seusai Pemuspaan bersama, Sekda Adnya Mulyadi menghaturkan sarin canang  yang diterima Bapak Suparno Pemangku Pura setempat.