Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 28 October 2017 12:35
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Tulisan besar Pulau Bokori sambut pengunjung saat turun dari perahu di Sulawesi Tengara.

BALI TRIBUNE - Bokori Island yang berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini menjadi salah satu destinasi wisata populer bagi masyarakat lokal maupun wisatawan domestik. Bokori yang merupakan sebuah pulau kecil, dikelilingi pohon kelapa ini cukup memesona dan membuat pengunjung betah berlama-lama bersantai melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Akses menuju pulau berpasir putih ini cukup mudah yakni bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat menuju penyebrangan perahu di Desa Wisata Bajo Bokori. Dari tempat ini, Pulau Bokori ditempuh selama 10-15 menit dengan menggunakan perahu milik nelayan setempat. Pemilik perahu mematok ongkos penyebrangan mulai Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per orang sudah termasuk biaya perjalanan pergi pulang (PP).

Karena letaknya yang cukup dekat dengan Kota Kendari, nampaknya pulau ini menjadi tempat berwisata warga Kendari. Seperti yang disampaikan salah seorang pengunjung dari Kota Kendari, Dwi Yuliani beberapa waktu lalu saat berwisata bersama keluarganya di Pulau Bokori. "Anak saya suka aktivitas wisata di pantai. Makanya saya ajak keluarga main di pulau ini kebetulan hari ini libur akhir pekan. Pulau Bokori memang indah dan bagus untuk foto-foto selfie," katanya.

Di pulau ini juga tersedia sejumlah fasilitas untuk pengunjung diantaranya toilet umum, lapangan volley pantai, gazebo, villa. Pulau Bokori yang dikelilingi lautan ini juga menyediakan aktivitas wisata air seperti banana boat. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang melakukan kegiatan berenang dan jalan-jalan santai mengelilingi pulau.

Aktivitas yang paling menarik dilakukan pengunjung adalah berfoto dengan latar belakang tulisan besar Bokori Island. Pengunjung lainnya dari Bali, Komang Sri Prakerti mengaku nyaman berlama-lama berada di pantai Pulau Bokori. Tempatnya yang tenang dan rindang membuat pengunjung merasa leluasa menghabiskan waktu liburan.

"Penjual minuman dan makanan pun mudah ditemukan di sini. Pulau ini sungguh cantik dan indah. Nanti saya ingin kembali lagi mampir ke Pulau Bokori," ujarnya.