Diposting : 1 September 2018 21:57
redaksi - Bali Tribune
TES URINE - Personel Polres Gianyar jalani Tes Urine, Jumat (31/8).
BALI TRIBUNE - Dengan melibatkan BNN Kabupaten Ginayar, Kapolres Gianyar Polres AKBP Priyanto Prio Hutomo, menggelar tes urine dadakan kepada puluhan anggotanya, Jumat (31/8). Kegitan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi penggunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang lainnya di kalangan anggota Polres Gianyar.
 
 
Tes urine oleh BNN Kabupaten Gianyar dilakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu ke anggota. Tes Urine kali ini dilakukan terhadap personil masing-masing Satuan Reserse  Narkoba, Reskrim dan Intelkam yang diambil secra acak /random. Secara bergiliran, satu-persatu personel sembari didampingi anggota Propam, mengambil sampel urine mereka masing-masing, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah wadah khusus.
 
Syukurnya, berdasarkan hasil tes urine dari 25 personil yang dimabil secra acak itu, tidak ada satu pun anggota yang positif menggunakan barang haram yang saat ini menjadi prioritas penindakan dan pencegahan Polri. “Tes urine dilakukan kepada anggota kepolisian juga sebagai upaya untuk mendeteksi secara dini terhadap peredaran narkoba di jajaran Polri,” terang Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo.
 
Disebutkan, tes urine semacam itu dilakukan secara berkala. Hal ini sebagai langkah preventif agar anggotanya terhindari dari penyalahgunaan narkoba. “Tes urine ini rutin, berkala, tetapi kita lakukan secara insidentil. Waktu pelaksanannya tidak kita informasikan dulu. Tadi, usai apel pagi, langsung kita laksanakan,” katanya.
 
Ia menjelaskan sebelum melakukan tindakan terhadap masyarakat, tentunya di dalam institusi Polri juga harus bersih terlebih dahulu. Setelah dipastikan semuanya aman dan tidak ada yang terlibat menggunakan atau sebagai pengedar, dia mengatakan, baru penindakan terhadap masyarakat dilakukan. “Kami ingin dengan adanya tes urine ini, seluruh jajaran maupun anggota Polres Gianyar bebas dari narkoba,” katanya.
 
Pada kesempatan  itu, Kepala BNN Kabupaten Gianyar AKBP Sang Gede Sukawiyasa mengucapkan rasa terima kasih kepada Kapolres Gianyar untuk kegiatan tes urine ini. Kedepannya pihaknya berharap  Polres Gianyar dan BNNK Gianyar tetap terus bersinergi dan bergandengan tangan dalam program P4GN. “ Kami sangat mengapresiais, dari uji sampel urine sebanyak 25 anggota Polres Gianyar dengan Rapid Test Kit 6 Parameter, tidak ada yang terindikasi kandungan zat narkotika,” tandasnya.