Diposting : 14 March 2018 21:42
Redaksi - Bali Tribune
narkoba
Keterangan Gambar: 
TES URINE - 70 anggota Yonzipur 18/YKR Gianyar wajib jalani test urine oleh BNK Gianyar.

BALI TRIBUNE - Upaya pemberantasan peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Gianyar menjadi perhatian serius Pemkab Gianyar. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama BNN Kabupaten Gianyar, gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi dan kegiatan tes urine ke sejumlah instansi. Salah satunya, tes urine bagi anggota Yonzipur 18/YKR Gianyar, Selasa (13/3).

Sebanyak 70 anggota Yonzipur 18/YKR Gianyar dari Kompi Markas, Kompi Ban, Komi A, Kompi B, dan Kompi C yang mengikuti kegiatan tersebut. Dari hasil pemeriksaan, semua anggota dinyatakan negative narkoba. Seizin Danyon Zipur 18/YKR Gianyar, Mayor Czi. Prastiwanto, SE, Plh Pasi Intel Yonzipur 18/YKR Gianyar, Sunaryo menyambut baik kegiatan tes urine kepada anggotanya.

Kegiatan ini jug sejalan dengan program Kodam IX Udayana yang mengintruksikan untuk melakukan tes urine kepada anggota TNI. Juga dalam rangka pelaksanaan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). “Sebagai salah satu satuan keamaman, kita mendukung kegiatan P4GN. Sesuai intruksi Kodam IX Udayanan, upaya itu kita lakukan dari dalam yaitu dengan membersihkan satuan dari penyalahgunaan Narkoba melalui tes urine ini,” terang Sunaryo.

Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kesbangpol Kabupaten Gianyar, Dr. Drs. I Nyoman Tingkes, MM mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Gianyar dalam mewujudkan Gianyar bebas persoalan narkoba. Selain itu, merupakan program strategis tindak lanjut dari kerjasama yang dilakukan Pemkab Gianyar dengan BNNK Gianyar dalam penanggulangan penyalahgunaan obat-obatan terlarang di Kabupaten Gianyar. Langkah-langkah dilakukan mewujudkan Gianyar bebas penyalahgunaan dan merupakan program rutin Badan Kesbangpol yakni dengan melakukan tes urine dengan menyasar sejumlah instansi.

Selain itu upaya pencegahan juga dilakukan melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah hingga ke masyarakat umum. “Kegiatan ini merupakan program rutin yang kami laksanakan bekerjasama dengan BNN Kabupaten Gianyar. Kami sasar instansi di Lingkungan Pemkab Gianyar, karena kami ingin aparat dulu yang bersih dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga menjadi contoh baik bagi masyarakat,” terang Tingkes.

Kepala BNN Kabupaten Gianyar I Made Pastika mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya membebaskan instansi di lingkungan Pemkab Gianyar bebas narkoba. Karena, dewasa ini masalah narkotika sudah mulai masuk ke semua lini. Sehingga pemeriksaan dilakukan bagi OPD yang rawan peredaran narkoba,  termasuk bagi aparat keamanan. Selain kegiatan tersebut, upaya pencegahan juga dilakukan melalui sosialisasi yang dikemas kreatif berupa bondres. Sehingga, selain terhibur dengan banyolan, masyarakat juga disajikan materi-materi tentang bahaya penyalahgunaan obat-obat terlarang.