Bali Tribune, Selasa 12 Desember 2017
Diposting : 26 August 2017 13:29
redaksi - Bali Tribune
Vaksin rabies
Keterangan Gambar: 
VAR - Vaksin rabies yang siap digunakan untuk vaksinasi terhadap 38 ribu anjing di Karangasem.

BALI TRIBUNE - Ancaman Rabies masih membayangi Karangasem mengingat sebelumnya Karangasem sempat mengalami KLB rabies.Sebagai antisipasi berjangkitnya kembali rabies, berbagai upaya tengah dilakukan Pemkab Karangasem melalui Dinas Peternakan dan Perikanan, salah satunya dengan menggelar vaksinasi massal anjing liar dan peliharaan di beberapa daerah, yang berpotensi rabies.

Berdasarkan data yang dihimpun, sampai saat ini ada 38.111 ekor anjing di Karangasem telah divaksinasi rabies, sedangkan jumlah total populasi anjing di Bumi Lahar mencapai 52.000 ekor.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Made Ari Susanta, kepada wartawan Jumat (25/8) menyebutkan, saat ini upaya pemberian vaksin masih terus dilakukan pihaknya dengan fokus sasaran pada kecamatan dan desa desa yang capaian vaksinasi masih dianggap rendah. “Sekarang ini ada 12 ribu anjing yang dilepas liar di Karangasem yang menjadi target vaksin rabies,” ucapnya.

Namun demikian, pihaknya masih menemui berbagai kendala dalam vaksinasi anjing liar dimana ketika petugas datang anjing langsung keluar dengan jarak yang cukup jauh, “begitu petugas datang, anjingnya langsung lari menjauh dan menggonggong dari atas bukit,” sebutnya.Sementara untuk vaksin dengan cara ditulup belum diterapkan di Karangasem karena cara ini diakui tidak maksimal bahkan kwalitas vaksin yang masuk ke tubuh Anjing tidak maksimal.

Diakuinya populasi anjing terbanyak ada di wilayah Kecamatan Kubu, dimana satu orang warga bisa memelihra lebih dari lima ekor anjing yang dilepas liar begitu saja. Ini juga menurutnya menjadi kendala petugasnya di lapangan ketika akan melakukan vaksinasi. Untuk itu pihaknya berharap ada kepedulian dari warga pemilik anjing untuk ikut bersama menangkap anjing miliknya untuk bisa di vaksinasi.“Kami sangat memerlukan partisipasi warga, karena kita targetkan minimal adalah 70 persen sudah divaksinasi bahkan di atas itu,” lontarnya.

Sementara itu saat ini ketersediaan vaksin Rabies untuk anjing masih mencukupi yakni 52.807 dosis, dimana dari catatan yang dimilikinya tercatat ada sebanyak 15 kasus rabies pada anjing di Karangasem secara keseluruhan, dan terbanyak berada di Kecamatan Kubu. Sedangkan penyebaran pada manusia belum ada korban. Tahun lalu ada sebanyak 40 kasus rabies pada anjing di Karangasem.