Bali Tribune, Selasa 17 Juli 2018
Diposting : 10 January 2018 21:25
San Edison - Bali Tribune
ekonomi
Keterangan Gambar: 
DEKLARASI - Pasangan Calon Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Ketut Sudikerta, saat menghadiri deklarasi Paket Mantra-Kerta, di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Selasa (9/1).

BALI TRIBUNE - Calon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menegaskan, dirinya bersama calon Wakil Gubernur Ketut Sudikerta, siap untuk ngayah dan melayani masyarakat Bali. Dengan mengusung Visi 'Nawa Candra', Paket Mantra-Kerta siap berjuang untuk pemerataan pembangunan hingga pelestarian budaya Bali.

"Kami mengusung visi 'Nawa Candra'. Nawa itu menunjukkan 9 kabupaten dan kota di Bali. Sementara Candra, itu bulan, purnama. Jadi kami berkomitmen membangun pemerataan di 9 kabupaten dan kota di Bali," kata Rai Mantra, saat menyampaikan orasi singkat dalam Deklarasi Paket Mantra-Kerta, di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Selasa (9/1).

Untuk pemerataan pembangunan di Bali, kata dia, maka sangat penting untuk terus menggenjot sektor pariwisata yang menjadi lokomotif perekonomian Bali. Dalam konteks Bali sendiri, adat dan budaya menjadi roh bagi pariwisata.

Untuk itu, Rai Mantra berkomitmen melanjutkan perjuangan ayahanda, Prof. Ida Bagus Rai Mantra, yang telah meletakkan dasar yang kuat bagi pelestarian adat dan budaya Bali. Salah satunya adalah dengan memperkuat Lembaga Perkreditan Desa (LPD), yang digagas Prof. Mantra.

"Kita akan perkuat LPD di seluruh desa, karena ini terkait keberlanjutan budaya di Bali. Selain itu, kita juga harus perkuat UMKM," tandas Rai Mantra, yang juga Wali Kota Denpasar.

Masih terkait keberlanjutan budaya Bali, Rai Mantra juga menggarisbawahi Pakta Integritas yang diteken oleh pimpinan partai politik pengusung Mantra-Kerta bersama paket Mantra-Kerta. Di antaranya adalah terkait tolak reklamasi Teluk Benoa.

Ia berargumen, tolak reklamasi ini merupakan aspirasi mayoritas masyarakat Bali yang wajib diperjuangkan. "Mari bersama keinginan rakyat, mari kita tolak reklamasi Teluk Benoa," ajaknya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat taksu Bali. "Pertumbuhan ekonomi, tidak lepas dari pariwisata dan budaya. Karena itu, mari kita tebalkan taksu Bali ke depan. Kita hargai budayawan dan seniman, karena mereka telah memberi dampak bagi masyarakat," kata Rai Mantra.

Pada kesempatan tersebut, Rai Mantra juga menyatakan kebanggaannya dengan Calon Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, yang mendampinginya. Menurut dia, dengan pengalamannya selama, Sudikerta dipastikan akan mewujudkan "Nawa Candra" bersama dirinya lima tahun ke depan.

"Pak Sudikerta sudah berpengalaman. Pak Sudikerta gagah berani. Ini baru permulaan bagi kami. Mari dukung Mantra-Kerta. Kita Laskar Pelangi. Meskipun banyak jalur, kita tetap satu. Bersatu dengan rakyat dan gotong-royong memenangkan Mantra-Kerta. Tanpa bersatu, mustahil kita menang," pungkas Rai Mantra.