Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 15 September 2017 18:09
Release - Bali Tribune
melaspas
Keterangan Gambar: 
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri ritual melaspas mendem pedagingan di Merajapati Pura Dalem Bebalang, Desa Carangsari, Kec. Petang belum lama ini.

BALI TRIBUNE - Seiring dengan rampungnya pembangunan Merajapati Pura Dalem Bebalang, Desa Carangsari, Petang Badung. Krama setempat belum lama ini menggelar ritual melaspas dan mendem pedagingan. Hadir dalam pelaksanaan ritual dimaksud, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Camat Petang Ida Bagus Rai Nata Manuaba serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menekankan dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Pemkab Badung komit melaksanakan program pembangunan secara menyeluruh dan terpola, sebagai upaya percepatan pembangunan di desa.

"Kami akui banyak waktu krama desa habis di adat. Untuk itu kami hadir ditengah-tengah masyarakat, apapun kebutuhan dari krama Badung akan dipenuhi, karena kami sudah berkomitmen segala pembangunan di desa menjadi tanggung jawab pemerintah," tegasnya.

Dikatakannya, krama pemaksan Pura Dalem Bebalang telah mengajukan proposal untuk perbaikan Bale Paruman,Wantilan dan Bale Peselang yang ada di pura itu sebesar Rp. 4,8 miliar.

"Kami Pemkab Badung komit melaksanakan percepatan pembangunan di desa, karena simpul pembangunan ada di desa, untuk itu kami mendukung seluruh pembangunan di 545 banjar, 532 sekaa teruna, 215 subak yeh dan Abian, 122 desa Adat, 42 desa, 16 kelurahan dan 6 kecamatan di badung," ucap Bupati Giri Prasta.

Disebutkan juga, terhitung tahun 2018 nanti, Pemkab Badung mengambil kebijakan menuntaskan seluruh pembangunan di pura kahyangan tiga, Desa Adat di Badung.  Selain itu, Bupati juga akan memberikan gaji kepada pemangku pura kahyangan tiga se-Badung dan penunggu pasien di rumah sakit mendapatkan uang tunggu maksimal Rp 5 juta.

Sementara, Klian Pura Dalem Bebalang Made Sujana melaporkan pemaksan Pura Dalem Bebalang terdiri dari 3 banjar yaitu Br. Bedauh Br. Mekar Sari dan Br. Pemijian.
Untuk perbaikan Pura Merajapati yaitu tembok penyengker, apit surang dan pelinggih menghabiskan biaya sebesar Rp. 300 juta. Adapun sumber dana perbaikan pura dimaksud berasal dari bantuan APBDes Carangsari Tahun 2017 sebesar Rp. 300 juta.

Lanjut dikatakan Made Sujana, dengan telah rampungnya pembangunan di Pura Dalem itu, dilaksanakan melaspas mendem pedagingan dengan upakara peregembal bebangkit, dan caru manca.

Keseluruhan prosesi dipuput Ida Pedanda Gria Gede Carangsari. Rencana kedepan dari krama pemaksan akan melanjutkan pembangunan wantilan pura dalem, bele paruman dan bale peselang dengan menghabiskan biaya Rp 4,8 miliar.

"Kami mohon bantuan dari pemerintah dan bapak bupati badung," pungkas Sujana.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta menyerahkan dana punia pribadi Rp. 10 juta dan Wakil Ketua PDIP Badung Rp. 5 juta yang diterima kelian pura, Made Sujana.