Bali Tribune, Rabu 13 Desember 2017
Diposting : 11 August 2017 22:07
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Nusa Penida
Keterangan Gambar: 
DIBANTU - Ratusan warga miskin di Nusa Penida dibantu Bupati Suwirta.

 BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada ratusan Kepala Keluarga (KK) miskin atau keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (10/8).

Penyerahan bantuan PKH yang merupakan program pemerintah pusat dilakukan di Balai Desa Batununggul. Bantuan PKH itu diserahkan kepada 783 KPM dari semua Desa se-Kecamatan Nusa Penida dengan total dana bantuan sebesar Rp 893.000.000.


Kepala Dinas sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom adnyana mengatakan, program PKH adalah program bantuan dan perlindungan sosial. PKH merupakan salah satu strategi dari pemerintah pusat dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia. “Program ini merupakan bantuan tunai bersyarat yang berkaitan dengan persyaratan pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.


Kata dia, para penerima bantuan ini wajib memeriksakan anggota keluarganya ke Puskesmas dan menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran yang sesuai dengan ketentuan. Namun jika tidak memenuhi persyaratan, maka bantuannya akan diputus. Lebih lanjut dikatakan, program PKH ini diharapkan mampu memutuskan rantai kemiskinan antar generasi melalui peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan. “Bantuan diberikan kepada peserta yaitu per-triwulan atau empat kali dalam setahun,” katanya.


Sementara itu, Bupati Suwirta dalam arahannya kepada para penerima bantuan yang didominasi ibu-ibu ini berpesan supaya bantuan tunai ini digunakan sebaik - baiknya. “Manfaatkan bantuan ini dengan baik dan benar, gunakan untuk peningkatan kwalitas kesehatan dan pendidikan keluarga,” ujar Bupati Suwirta.


Dalam acara penyerahan bantuan PKH  itu Bupati Suwirta turut didampingi Ny. Ayu Suwirta, kabag Humas dan Protokol I Ketut Suadnyana, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya serta FKPC Kecamatan Nusa penida.